5 Akibat Buruk Jika Kamu Suka Gigit Kuku


suka-menggigit-kuku-ini-5-efeknya-bagi-kesehatan

palingseru.com – Kebiasaan menggigit kuku merupakan hal yang banyak orang lakukan. Apalagi saat memiliki waktu senggang dengan menggigit kuku bisa merasakan senang tersendiri. Tetapi tahukah kamu kebiasaan buruk ini mempunyai risiko kesehatan dan efek berbahaya. Dilansir laman Boldsky, terdapat 5 akibat buruk dari kebiasaan menggigit kuku .

1.Infeksi kuku

Jika kebiasaan buruk menggigit kuku ini secara terus-menerus dilakukan akan menyebabkan kuku lecet bahkan luka. Dan akhirnya bakteri akan masuk ke dalam tubuh melalui luka tersebut hingga bisa masuk ke dalam darah. Hal inilah yang dapat menyebabkan infeksi kuku maupun infeksi darah.

2.Infeksi bakteri

Di kuku terdapat bakteri yang tersembunyi. Seperti yang ungkapkan oleh penelitian, bahwa bakteri yang terdapat di kuku memiliki bakteri dua kali lebih banyak dari tangan. Mesipun kamu telah mencuci tangan beberapa kali bakteri tersebut tetap ada. Nah, saat kamu menggigit kuku bakteri tersebut dengan mudahnya masuk ke dalam mulut kemudian masuk ke dalam tubuh.

3.Kutil

Ternyata kebiasaan dari menggigit kuku dapat menimbulkan kutil. Hal ini terjadi karena adanya infeksi virus yang disebabkan oleh Human papillomavirus (HPV).

4.Masalah gigi

Karena seringnya menggigit kuku bisa menyebabkan gigi kamu goyah dan bisa tergeser dari posisi sebelumnya. Tak hanya itu, kamu juga bisa terkena infeksi pada gusi.

5.Membuat kuku cacat

Hal ini sudah pasti salah satu efek yang akan terjadi, karena kebiasaan menggigit kuku dapat mengubah panjang dan bentuknya dari kuku tersebut. Dan kebiasaan ini akan membuat tampilan kuku menjadi rusak dan kurang menarik.

Itulah beberapa risiko kesehatan dan efek berbahaya kebiasaan menggigit kuku. Setelah mengetahui hal ini apakah kamu masih ingin melakukannya?


Like it? Share with your friends!