Ini 11 Tanda Jika Kamu Sedang Tertular Penyakit Menular Seksual


index

Palingseru.com – Penyakit Menular Seksual dapat tertular dari satu orang ke orang lain dengan melalui hubungan intim lewat vagina, anal dan juga oral.

Penyakit menular seksual ini biasanya mudah menular pada orang-orang yang sering gonta ganti pasangan. Beberapa jenis penyakit menular seksual bisa disembuhkan dengan antibiotik. Namun, ada satu jenis yaitu HIV tidak bisa diobati dengan cara apa pun namun dapat dilakukan terapi untuk mengurangi gejalanya.

Untuk itu, jika kamu sering berhubungan dengan banyak pasangan kamu perlu memeriksa kesehatan kamu sebelum akhirnya kamu menyesal. Karena penyakit menular seksual itu sulit diketahui sejak awal jika tidak diperiksakan ke dokter.

Namun, jika kamu mengalami beberapa gejala seperti nyeri saat buang air kemih, gatal, rasa terbakar atau perasaan kesemutan pada alat kelamin, luka, bintik-bintik atau benjolan pada alat kelamin dan anus. Serta serbuk hitam atau titik-titik putih pada celana dalam (dapat menandakan telur kutu), kamu harus segera memeriksakannya ke dokter.

Baik pria maupun wanita bisa tertular PMS. Untuk itu kamu harus tahu ciri-ciri pada wanita jika terkena PMS, yaitu :

1. Keputihan bewarna kuning atau hijau

2. Keputihan yang berbau

3. Pendarahan diluar sikluas haid atau setelah berhubungan intim

4. Nyeri saat berhubungan

5. Nyeri perut bawah

Sedangkan untuk kaum pria kamu juga harus mengetahui tanda-tanda jika kamu sedang tertular penyakit menular seksual, yaitu :

  1. Keluarnya cairan dari penis
  2. Iritasi pada alat kelamin

Ciri-ciri diatas memang bisa menunjukan  gejala PMS namun tidak selamanya itu berlaku untuk PMS. Bisa jadi karena penyakit lain . Namun, jika kamu mengalami gejala-gejala diatas langsung saja periksakan diri ke dokter.

 

More From: Sehat