Sering Dibuang Ternyata Kulit Telur Punya 10 Manfaat Luar Biasa yang Gak Pernah Diketahui


kulit-telur-tipsiana

palingseru.com – Telur merupakan sumber protein yang paling sering dikonsumsi kalangan masyarakat. Bahkan tak jarang juga telur menjadi menu santapan yang wajib di setiap rumah. Tetapi ada satu hal yang sering diabaikan yaitu kulit telur. Kulit telur dianggap sebagai sampah, maka tanpa memikir panjang kulit telur tersebut langsung di buang.

Nah, padahal kulit telur nyatanya menyimpan segudang manfaat yang dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan. Seperti berikut ini 10 manfaat yang luar biasa dari kulit telur yang sebelumnya kamu ketahui.

1.Masker pengencang kulit wajah

Kamu dapat membuatnya dengan cara mencuci kulit telur kemudian dikeringkan, lalu tumbuk halus menggunakan lesung batu atau alu sampai menjadi butiran halus. Setelah itu campurkan bubuk tersebut dengan putih telur, nah sesudah itu kamu dapat mengoleskannya kepada wajah dan tunggu hingga kering.

2.Membuat ampelas pembersih peralatan dapur

Ampelas pembersih dapur yang biasa kita kenal memang mampu bisa membersihkan dengan cepat, tetapi dengan menggunakan ampelas yang teksturnya terlalu tajam malah membuat peralatan kamu cepat rusak. Gunakanlah kulit telur dan membuatnya sangat mudah lho, kamu cukup memilih kulit telur yang setengah hancur kemudian dicampur dengan air dan sabun. Setelah itu, kamu bisa menggunakannya untuk membersihkan bagian bawah panic dan wajan. Selain itu, juga dapat digunakan untuk membersihkan bagian dalamnya dengan cara memasukkan larutan tersebut kemudian dikocok.

3.Cangkang telur untuk membersihkan saluran pembuangan

Masukkan kulit telur yang telah dihancurkan ke dalam pipa pembuangan air, sehingga kotoran yang menempel di dinding pipa bisa bersih.

4.Kulit telur bisa digunakan untuk membantu pertumbuhan benih

Gunakan cangkang telur yang masih setengah utuh kemudian masukkan tanah dan tanam benih tersebut sesuai yang kamu ingin tanam ke dalamnya. Selanjutnya simpan cangkang tersebut di atas karton tempat telur. Jika bibit tersebut telah tumbuh kamu bisa memindahkannya ke tanah, dengan cara menanam bibit bersama cangkang telurnya.

5.Kulit telur bisa mengurangi rasa pahit kopi

Kulit telur mengandung kalsium karbonat yang mampu menetralisir keasaman kopi dan mengurangi rasa pahit dari kopi. Jika kopi kamu terasa terlalu pahit, kamu cukup menambahkan kulit telur yang telah dicuci bersih dan kering, lalu masukkan ke dalam saringan kopi.

6.Kulit telur mempercepat pengomposan

Selain mengurangi rasa pahit dari kopi, ternyata telur juga mampu mempercepat proses pembusukan kompos. Karena kulit telur mengandung kalsium yang sangat dibutuhkan dalam proses pengomposan. Nah, untuk hasil yang lebih sempurna kamu bisa menambahkan ampas kopi ke dalam campuran tersebut.

7.Mengusir siput dan keong dari kebun

Bau dari kulit telur mampu mengusir siput dan keong dari kebun, bahkan ulat dan rusa juga membenci bau dari kulit telur tersebut. Hanya cukup menaburi kulit telur yang telah dihaluskan pada kebun.

8.Cangkang telur untuk obat iritasi

Kulit telur disimpan dalam wadah kemudian masukkan larutan cuka apel tunggu hingga larut (tetapi proses larutan ini memakan waktu hingga dua hari). Jika telah larut, kamu bisa mengoleskannya pada area kulit yang iritasi agar mempercepat proses penyembuhan iritasi tersebut.

9.Kulit telur bisa di ubah menjadi cetakan

Lubangi kulit telur pada bagian ujung kemudian tiup isi telur hingga keluar dari cangkangnya, lalu cuci bersih. Tutup lubang kecil di bagian bawah menggunakan selotip lalu isi coklat panas atau jelly. Hidangkanlah pada tamu kamu, agar mereka terkejut saat mengupas telurnya.

10.Manfaat lapisan membran kulit telur

Selain manfaat di atas ternyata membran atau lapisan tipis yang terdapat di bagian dalam cangkang telur juga memiliki banyak manfaat untuk pengobatan. seperti berikut ini:

  • Mengobati bisul, letakkanlah kulit telur tersebut di bagian tubuh yang terkena bisul. Dalam beberapa hari bisul bisa sembuh.
  • Mampu membersihkan komedo dan jerawat
  • Mempercepat proses penyembuhan bekas parut, letakkanlah membrane yang masih basah di bagian luka kecil atau goresan tunggu hingga kering.
  • Menghentikan rasa sakit dan memproses penyembuhan, jika kulit kuku kamu tak sengaja terkelupas, kamu hanya cukup menempelkan sisi basah membran kulit telur dan tunggu hingga kering.

Like it? Share with your friends!