Ini 5 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Bikin AC Mobil Kamu Jadi Cepat Rusak


kj

[ads1]Palingseru.com – Sekarang ini untuk memberikan kenyamanan pengguna mobil telah dibekali dengan Air Conditioner yang berguna untuk memberikan rasa nyaman sehingga pengendara mobil betah di dalam ruangan mobil. Namun segala sesuatu tidak akan bertahan lama apalagi itu ciptaan manusia seperti mesin AC pada mobil pun akan bisa rusak.

Namun tahukah kamu jika rusaknya mesin mobil ini pada dasarnya dikarenakan akibat kebiasaan buruk yang pengendara lakukan. Beberapa kebiasaan buruk inilah yang menyebabkan mesin AC tidak berfungsi dengan baik.

Dan seperti yang dilansir dari Merdeka.com, inilah dia 5 kebiasaan buruk yang bisa bikin AC mobil kamu jadi cepat rusak. Yuk, simak bersama !

1. Membuka jendela terlalu lama saat AC menyala

Salah satu kebiasaan buruk yang bisa membuat AC mobil rusak yakni membuka jendela terlalu lama saat AC menyala yang mengakibatkan kompresor bekerja terlalu berat untuk bisa mencapai titik idela.

2. Merokok

Pernahkah kamu melihat ketika berada di ruangan AC ada peringatan merokok ? Jelas , pasti ada peringatan seperti itu karena merokok di dalam ruangan ber AC ini salah satu kebiasaan buruk yang bisa bikin AC cepat rusak karena filter kabin dan evaporator kotor sehingga mesin AC tidak bekerja dengan baik.

3. Pemakaian pewangi yang salah

Pemakaian pewangi yang salah di dalam mobil juga salah satu kebiasaan buruk yang bisa bikin mesin AC rusak. Pemakaian pewangi yang salah ini dapat mempengaruhi evaporator. Disarankan ketika ingin menggunakan pewangi di dalam mobil yakni dengan menggunakan pewangi cair dan jangan pewangi gel.

4. Kurang perhatian pada kebersihan kabin mobil

Sebagai pemilik mobil ber AC , salah satu hal yang tidak boleh dilupakan yakni kebersihan mobil terutama di bagian kabin. Sebab, jika pemilik kurang perhatian pada kebersihan kabin mobil dapat menyebabkan mesin AC rusak akibat sistem kerja AC memutar udara di kabin, masuk ke filter, lalu diembuskan kembali.

5. Mematikan mesin mobil saat AC masih menyala

Salah satu kebiasaan buruk yang bisa merusak AC mobil yakni mematikan mesin mobil saat AC menyala. Bahkan kebiasaan seperti ini juga bisa merusak aki, arus listrik yang masuk juga tidak stabil. Untuk itu, ketika ingin mematikan mesin mobil sebaiknya matikan AC terlebih dahulu.

Nah, itulah dia kelima kebiasaan buruk yang bisa merusak AC mobil.


Like it? Share with your friends!