Tidak Selamanya Bir Itu Buruk Untuk Kesehatan, Ini Dia 4 Manfaatnya yang Gak Pernah Kamu Ketahui


 

4-manfaat-bir-bagi-kesehatan-tubuh-5376

palingseru.com – Minuman alkohol seperti bir memiliki efek yang buruk bahkan dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Oleh karena itu, para ahli kesehatan menyarankan untuk tidak mengkonsumsi minuman alkohol ini apalagi dikonsumsi secara terus-menerus.

Tetapi tahukah kamu bahwa bir ternyata memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh?

Hal ini bisa terjadi karena bir terbuat dari fermentasi gandum yang kaya akan kandungan vitamin B, protein, dan mineral seperti selenium, potassium, zat besi, zinc dan magnesium.

Seperti berikut ini terdapat empat manfaat bir bagi kesehatan tubuh manusia :

1.Mengurangi risiko kanker

Hasil penelitian yang telah diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, mengatakan bir tersebut mampu mengurangi zat karsinogen yang terdapat di daging. Kamu hanya perlu merendamnya atau dengan cara menyiram daging dengan bir sebelum di masak atau di panggang, cara seperti ini terbukti mampu mengurangi produksi PAH hingga mencapai 53%.

Karsinogen sendiri merupakan partikel hitam seperti arang yang dapat menyebabkan kanker. Karsinogen bisa ada jika membakar atau memanggang makanan terlalu lama. Dengan cara seperti itu bisa menghilangkan dua jenis senyawa kimia yaitu karsinogen heterocyclic amines (HCA) dan polycyclic aromatic hydrocarbon (PAH).

2.Bau kaki

Bir kaya akan kandunga ragi, yang mempunyai berbagai manfaat seperti, menghilangkan rasa lelah, pegal atau kaku pada kaki. Selain itu, kandungan ragi dari bir ini juga bermanfaat untuk melembutkan kulit tumit bahkan di bawah kaki yang memiliki tekstur kasar dan keras.

Tak hanya itu saja, kandungan alkoholnya juga bermanfaat sebagai antiseptik alami yang dapat mengurangi aroma tidak sedap di kaki. Caranya, mencampurkan setengah botol bir dengan satu baskom air hangat kemudian rendam kaki dan diamkan selama 15 menit.

3.Wajah berminyak

Bir mengandung vitamin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan bisa mengontrol produksi sebum (zat berminyak yang diproduksi secara alami oleh tubuh) dan mencegah munculnya jerawat.

Kamu hanya perlu mencampurkan 1 sendok teh yoghurt, 1 sendok teh minyak zaitun, 1 butir putih telur dan 2 sendok teh bir, lalu di aduk hingga menjadi pasta. Kemudian di pakaikan ke wajah sebagai masker, tunggu 10-15 menit sampai mengering lalu bilaslah dengan air bersih. Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal lakukan lah cara ini secara rutin.

4.Menyegarkan kulit

Memanfaatkan dari bir ini ternyata sudah digunakan oleh orang Jerman dan Austria. Bagi mereka dengan menggunakan air bir ini terbukti bisa melembutkan dan menyegarkan kulit. Dengan cara berendam di dalam air bir hitam.

Jika kamu ingin mencobanya, kamu cukup menuangkan satu atau dua gelas bir ke dalam bak mandi yang telah berisi air kemudian kamu berendam dalam air tersebut selama yang kamu inginkan. Cara seperti ini dapat kamu lakukan secara rutin agar memiliki kulit yang lebih halus dan halus.


Like it? Share with your friends!