Awas, Jangan Merebus Botol Susu, Ini Penyakit Berbahaya yang Bisa Ditimbulkan


g

Palingseru.com – Sebagian ibu percaya dengan merebus  botol susu bayi dan balita mereka, itu akan membuatnya semakin steril. Padahal itu cara yang salah untuk membuat botol menjadi steril.

Merebus botol susu dengan air panas hanya akan menyebabkan berbagai penyakit berbahaya termasuk kanker yang bisa menyerang bayi.

Menurut Ahli gizi dari Rumah Sakit Daerah (RSUD) Umum Ulin Ba**armasin, kebanyakan botol susu bayi terbuat dari plastik jenis Polikarbonat (PC).

Plastik jenis Polkarbonat jika direbus akan melepaskan residu senyawa kimia yaitu bisphenol-A (BPA) yang sangat berbahaya. Zat kimia yang dilepaskan bisa menyerang sistem saraf, sistem imun,  serta sistem reproduksi pada proses perkembangan anak.

Merebus botol susu juga dikatakan dapat menyebabkan Endocrine Disrupter yang menganggu sistem hormon tubuh. Ini sangat membahayakan perkembangan anak.

Untuk itu, disarankan jika ingin membeli botol susu bayi sebaiknya pilih botol susu yang menggunakan plastik yang aman untuk anak adalah botol yang berlambang #2 HDPE, #4 LDPE and #5 PP. Atau yang lebih mudah untuk mengenalinya, kamu hanya perlu melihat nomor 2, 4, dan 5 saja di bawah botol susu bayi. Nomor-nomor itu aman untuk digunakan karena tidak mengandung senyawa yang dapat menyebabkan kanker.

Untuk membuatnya steril sebaiknya jangan merebus botol dengan air panas, cukup kocok didalam botol dengan air panas. Selain itu, jangan menyikat botol dengan sikat yang kuat yang bisa membuat botol tergores. Serta rutinlah mengganti botol susu anak beberapa bulan sekali, jangan sampai botol terlihat sudah berubah warna.

 


Like it? Share with your friends!