Ibu Rumah Tangga Ternyata Lebih Mudah Terinveksi HIV AIDS Ketimbang PSK, Ternyata Ini Penyebabnya


hiv

[ads1]Palingseru.com – Kenapa banyak kasus ibu rumah tangga yang terserang HIV dibandingkan PSK ? padahal jika kita pikirkan secara logika PSK sering bergonta ganti pasangan untuk melakukan hubungan seksual.

Namun ada sebuah jawaban mengatakan kenapa HIV lebih sering menyerang para ibu rumah tangga, ini dikarenakanĀ  ibu rumah tangga bisa tertular HIV dari suaminya.

Kasus seperti ini terjadi ketika suamiĀ  sebagai pengguna narkoba suntik dan membeli jasa seks atau sering gonta ganti pasangan dengan PSK. Akibatnya virus HIV itu akan ditularkan kepada istrinya ketika melakukan hubungan seksual tanpa alat pelindung.

Program Manager Ikatan Perempuan Positif Indonesia, Melly Windi Lianti mengatakan, para wanita PSK lebih menyadari akan bahaya tertular virus HIV sehingga seringkali ia meminta pelanggannya untuk menggunakan kondom saat berhubungan seks. Berbeda dengan ibu rumah tangga yang tidak mau menggunakan pelindung lantaran dianggap berhubungan dengan suami sendiri.

Padahal penggunaan kondom saat berhubungan seksual itu sangat disarankan untuk menghindari penyakit menular seksual.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menunjukkan, jumlah perempuan positif HIV dari kalangan ibu rumah tangga mencapai 6.230 orang sedangkan perempuan pekerja seks yakni 2.021 orang. Data ini merupakan total dari tahun 1987 hingga 2013. Dan ini artinya pengidap penyakit HIV kebanyakan di derita oleh ibu rumah tangga

Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi juga mengatakan jika jumlah perempuan terinfeksi HIV dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, mulai dari tahun 2012 yaitu ada 9.318 hingga data terakhir tahun 2013, yaitu 12.279 perempuan. Sementara itu, tahun ini tercatat hingga Juni 2014, ada 6.528 perempuan yang dinyatakan positif HIV.

Menteri Kesehatan kini menghimbau bagi para ibu rumah tangga bersama pasangannya untuk melakukan tes HIV sedini mungkin agar infeksi virus dapat di cegah dengan diberi obat Antiretroviral (ARV).


Like it? Share with your friends!