Jika Kamu Mengalami 6 Tanda ini Artinya Kamu Kurang Tidur dan Gak Boleh Kamu Biarkan Bahaya


6-tanda-bahwa-tubuh-kurang-tidur-mulai-pelupa-hingga-banyak-makan

palingseru.com – Tekanan dari pekerjaan atau adanya aktivitas lain biasanya membuat orang tidak tidur karena hal tersebut. Sehingga waktu tidur menjadi berkurang. Meskipun begitu, kurang tidur mungkin sebagian orang menganggapnya sudah biasa.

Tetapi tahukah kamu faktor dari kurang tidur ini bisa menimbulkan tanda-tanda bahaya. Seperti yang dilansir oleh laman Daily Mail, berikut terdapat enam tanda yang akan menunjukkan bahwa kamu kurang tidur :

1.Mudah pilek dan demam

Terdapat sebuah penelitian dari Carnegie Mellon University mengungkapkan, jika seseorang yang tidurnya kurang dari enam jam sehari kemungkinan memiliki risiko menderita demam sampai empat kali lipat dibandingkan mereka yang tidurnya lebih dari tujuh jam. Hal ini disebabkan, saat manusia kekurangan tidur maka system imun tubuh ikut terpengaruh dalam berbagai cara. Tak hanya itu saja virus dan bakteri pun akan lebih mudah masuk ke dalam tubuh, sebab sel darah putih yang bernama lymphocytes tidak bisa diproduksi secara baik.

2.Kehilangan selera humor

Dari Army Institute in Research Amerika Serikat pada tahun 2006, Walter Reed mengatakan, saat seseorang merasa kelelahan, dia akan kehilangan selera humor. Karena akibat dari kurang tidur tersebut bisa membuat di bagian otak menjadi tidak bekerja. Sehingga seseorang akan kesulitan untuk menentukan kelucuan dari sebuah hal. Kelucuan sendiri akan muncul bila adanya proses dimana otak membutuhkan perhatian, memori dan pembagian cara berpikir.

3.Suara menjadi aneh

Seorang professor dari Loughborough University, Kevin Morgan mengatakan, jika seseorang sedang mengantuk suaranya akan menjadi datar dan monoton seperti robot. Hal ini bisa terjadi karena otot-otot di tenggorokan menjadi tidak bisa terkontrol saat seseorang merasa lelah.

4.Lebih mudah mengalami sakit dan nyeri

Terdapat sebuah penelitian yang dilakukan oleh Norwegian Institute of Public Health mengungkapkan, bahwa orang yang mengalami insomnia kemungkinan akan lebih mudah merasakan sakit dan nyeri di bagian tubuhnya. Hal seperti ini tidak hanya dialami oleh orang yang insomnia saja, orang yang mengalami kondisi lelah dan mengantuk juga bisa mengalami kondisi tersebut.

5.Makan lebih banyak

Hasil penelitian dari University of Colorado Boulder, telah membuktikan bahwa orang yang kekurangan tidur kemungkinan mengalami masalah berat badan. Hal ini bisa terjadi karena saat manusia mengalami kondisi kurang tidur, bagian otak yang mengontrol keinginan menjadi lemah. Selain itu terjadi peningkatan nafsu makan hingga 20 persen akibat hormon ghrelin. Jadi kemungkinan besar seseorang yang kurang tidur memiliki porsi makan lebih banyak.

6.Pelupa

Guy Leschziner dari London Bridge Hospital Sleep Centre menyatakan dengan kondisi kurang tidur bisa berpengaruh pada fungsi memori pada otak. Saat seseorang tertidur, memori tersebut akan melalui proses dimana memori ditata ulang dan dikumpulkan sehingga bisa disimpan diingatan dalam waktu yang cukup lama. Jadi, jika memori ingatan kamu tetap terjaga dengan baik usahakanlah tidur yang cukup.

More From: Sehat