Hati Hati! Penyakit Penyakit ini Ternyata Gak Perlu Diobati Dengan Anti Biotik


1305517shutterstock-170792741780x390

palingseru.com – Antibiotik sering digunakan oleh banyak orang untuk mengatasi berbagai penyakit. Tetapi tak sedikit juga dari mereka tidak sesuai memakainya. Misalnya, minum antibiotik saat sakit batuk, pilek, diare tanpa darah dan muntah.

Sebenarnya keempat penyakit tersebut tidak begitu memerlukan antibiotik. Karena antibiotik itu hanya untuk mengobati penyakit akibat terinfeksi bakteri.

“Penyebab tersering penyakit dengan gejala batuk, pilek, muntah, dan diare tanpa darah itu adalah virus,” kata dokter Spesialis Anak Nurul I Hariadi di Jakarta, Kamis (12/11/2015).

Tetapi sayangnya resep di fasilitas kesehatan primer maupun rumah sakit di Indonesia semuanya mengandung antibiotik. Seperti hasil dari penelitian WHO pada tahun 2005, yang mencapai sebanyak 50 persen.

Selain itu, terdapat juga hasil dari survei Nasional Kementrian Kesehatan pada tahun 2009, bahwa pemberian antibiotik ini malah kebanyakan digunakan untuk penyakit yang disebabkan oleh virus seperti flu dan diare.

Jika antibiotik tersebut digunakan dalam jangka waktu yang pa**ang, maka bisa membuat bakteri tersebut menjadi resisten atau kebal terhadap antibiotik. Dan kemungkinan pasien tidak bisa sembuh ketika mengalami penyakit yang disebabkan oleh bakteri.

Seperti yang dijelaskan oleh Nurul yang merupakan Yayasan Orang Tua Peduli.”Resistensi antibiotik dapat terbentuk dua tahun, setelah antibiotik pertama digunakan”. Ucapnya.

Resistensi antibiotik ini tidak hanya menjadi masalah di Indonesia saja tetapi masalah bagi dunia juga. Oleh karena itu, WHO menetapkan Pekan Peduli Resistensi Antibiotik yang digelar pada 16-22 November 2015. Yang bertujuan untuk lebih meningkatkan kesadaran masyarakat agar lebih bijak lagi dalam menggunakan antibiotik.


Like it? Share with your friends!