Ini Yang Perlu Jokowi Lakukan Ke Freeport, Maka Rupiah Bisa Rp2.000 Per Dolar


antarafoto-kunjungan-kenegaraan-presiden-110915-agr-6

Palingseru.com  – Kontrak karya antara Freeport dan Indonesia sudah hampir habis, tentunya perusahaan Asal Amerika ini tidak mau kehilangan ladang emasnya di Indonesia dan tetap ingin terus memperpanjang kontraknya di Indonesia, namun pemerintah sepertinya tidak mau begitu saja memperpanjang kontrak karya Freeport ini, pemerintah Jokowi sepertinya memberikan syarat khusus ke Freeport jika ingin terus beroperasi di Indonesia.

Bahkan Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli memprediksi rupiah akan menguat hingga ke angka 2000 per dolar Amerika jika pemerintahan Jokowi–Jusuf Kalla mampu memasukkan setengah cadangan Freeport ke Bank Indonesia.

“Kalau saja setengah dari cadangan Freeport dimasukkan ke dalam cadangan emas Bank Indonesia, rupiah akan menguat hingga Rp2.000 per dolar Amerika,” tutur Rizal usai menghadiri acara “Core Economic Outlook” di Jakarta, Rabu (18/11/2015).

Menurut Rizal, presiden Joko Widodo tidak perlu ragu untuk melakukan negosiasi ulang terkait kontrak PT Freeport. “Kalau seandainya Freeport ngotot enggak mau penuhi permintaan Presiden tadi, kembalikan. Bisa kebayang kan cadangan devisa emas BI, Tiongkok hanya berapa juta kilogram. Freeport cadangan emasnya 16 juta kg,” ujar Rizal Ramli.

Terkait dengan divestasi Freeport, ia menjelaskan, untuk Indonesia tidak perlu arbitrase internasional. “Kan Presiden sudah bolak-balik menjelaskan kalau Freeport harus bayar royalti lebih tinggi. Kedua, urus limbah, lakukan divestasi, bangun ‘smelter’ serta perbaikan lingkungan,” tutur Rizal lagi.

Ia memaparkan, jika itu sudah dipenuhi, sebenarnya Freeport bisa dilanjutkan lagi negosiasi kontraknya. Tapi jika Freeport tetap tidak bisa memenuhi, kontrak karyanya akan dikembalikan, dan Indonesia akan mendapat “durian runtuh”. (Rimanews.com)

Baca Juga : Jika Di Dekati Kucing Berarti ada 3 Pertanda dari Allah. Kamu Mau Tahu?

More From: HOT ISU