5 Bangunan Terbesar di Asia Tenggara ini Ternyata ada di Indonesia Lho


22

[ads1]Palingseru.com – Mungkin selama ini kamu tahu bangunan – bangunan terbesar hanya ada di luar negri dan seringkali menjadi tempat wisata. Namun ternyata di Indonesia juga ada, malah termasuk kedalam kategori bangunan tebesar di Asia Tenggara.

Bangunan – bangunan terbesar di Asia Tenggara khususnya yang ada di Indonesia ini mulai di bangun dengan melihat pasar konstruksi Indonesia saat ini mencapai USD 267 miliar. Itu menjadikan Indonesia pasar konstruksi terbesar keempat di Asia. Diketahui jika Indonesia di bawah India yang nilai pasar konstruksinya sebesar USD 427 miliar. Kemudian Jepang USD 742 miliar, dan China USD 1,7 triliun.

Mau tahu apa saja bangunan tebesar yang ada di Indonesia ? Seperti yang dilansir dari Merdeka.com, inilah dia diantaranya :

1. Pabrik Pupuk Kaltim V

11

Salah satu bangunan terbesar yang ada di Indonesia ini adalah pabrik pupuk yang ada di Kaltim V yang baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo yang dihadiri oleh Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Perindustrian Saleh Husin, dan Kepala Bappenas Sofyan Djalil. Diketahui bila pembangunan pabrik ini menelan dana sekitar USD 576 juta atau setara Rp 7,9 triliun.

“Pabrik ini akan memperkuat posisi Indonesia di pasar internasional,” kata Dirut PT Kalimantan Timur (PKT) Aas Asikin Idat di Bontang, Kalimantan Timur, .

Pabrik pupuk ini berkapasitas produksi mencapai 825.000 ton amoniak dan 1,5 juta ton urea per tahun. Produksi pabrik ini menambah kapasitas produksi PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) menjadi 2,74 juta ton amoniak dan 3,43 juta ton urea. Pabrik baru ini dikabarkan bisa menghemat penggunaan gas sebesar 14 mmbtu  dan dapat menyerap tenaga kerja baru untuk operasional sebanyak 250 orang dan selama pembangunan mempekerjakan sekitar 6.000 orang.

2. Terminal Pulo Gebang

22

Terminal Pulo Gebang  merupakan salah satu terminal bus terbesar di Asia Tenggara dengan kualitas operasionalnya yang mulai diresmikan pada 6 Juli 2015. Ketua Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta Sarwo Handhayani  melaporkan jika  terminal bus ini akan bisa mengurangi kepadatan sebab ada pemisahan antara penumpang yang akan berangkat dengan penumpang tiba. Selain itu, untuk angkutan dalam kota dan luar kota juga akan dipisahkan.

“Nantinya, di terminal bus Pulo Gebang yang baru, arus penumpang akan diatur sedemikian rupa untuk mengurangi kepadatan,” kata Ketua Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta Sarwo Handhayani dalam diskusi infrastruktur di Hotel Sultan, Jakarta.

3. PLTU Mulut Tambang Bukit Asam

33

PLTU Mulut Tambang ini juga merupakan bangunan terbesar se-Asia Tenggara yang dibangun oleh PT Bukit Asam di atas lahan seluas 100 hektar di Desa Tanjung Alang, Tambang Bangko Tengah, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman mengatakan jika pembangunan PLTU berkapasitas 2×660 Megawatt (MW) itu akan dilakukan langsung oleh Presiden Jokowi.

Salah satu hal yang menarik dari bangunan ini yakni pembangunan akan di garap cepat selama 3 tahun dan langsung akan diresmikan agar segera beroperasi. PLTU itu akan mencukupi target megaproyek 35 ribu MW dalam waktu 10 tahun ke depan sehingga mampu menggerakkan roda ekonomi di daerah dan nasional.

“Ini yang menariknya, ini PLTU Mulut Tambang terbesar se-Asia Tenggara. Kita harapkan tiga tahun nanti selesai dibangun dan dioperasikan,” ungkap Sudirman di Muara Enim.

4. Depo KRL Depok

44

Salah satu bangunan terbesar yang ada di Indonesia yakni bangunan Depo KRL Depok yang kabarnya telah diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui siaran langsung jarak jauh dari Stasiun Kutoarjo, Jawa Tengah. Bangunan Depo KRL terbesar di Asia Tenggara, yang terletak di Kelurahan Ratu Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok.

Menurut laporannya jika peresmian tersebut bersamaan dengan peresmian jalur rel ganda kereta api antara Kutoarjo-Yogyakarta (64 km) yang merupakan bagian penting dari proyek jalur ganda Kroya-Yogyakarta sepanjang 140 km.

Salah satu hal yang perlu kamu ketahui jika pembangunan fasilitas perawatan KRL ini merupakan bagian dari Jabodetabek Railway System, untuk mendukung kelancaran operasional perjalanan KA di Jabodetabek. Depo KRL Depok memiliki 14 jalur rel stabling (parkir) untuk 224 unit KRL, dilengkapi dengan peralatan canggih untuk melakukan perawatan harian, bulanan dan tahunan KRL. Dukungan fasilitas ini dapat memodernisasi peralatan perawatan yang dimiliki PT KA.

Untuk pembangunannya , Depo KRL Depok dibangun di lahan seluas 26 hektar dilengkapi dengan gedung perkantoran 2.200 meter persegi, gedung pemeliharaan 8.600 meter persegi. Panjang kawat listrik aliran atas untuk suplai energi 21.800 meter.

5. Indonesia Convention Exhibition (ICE)

55

Gedung terbesar di Asia Tenggara yang ada di Indonesia adalah gedung Convention Exhibition (ICE) yang telah diresmikan oleh Presiden Jokowi di BSD City, Pagedangan, Kabupaten Tangerang pada Selasa (4/8).

Gedung Convention Exhibition (ICE) ini dibangun dengan tujuan proyek prestisius berskala Internasional Sinar Mas Land yang langsung digunakan untuk pameran temu kreatif nasional.

Untuk bangunannya , Gedung tersebut memiliki 10 hall seluas 50.000 meter persegi, dengan 4.000 meter persegi ruang konvensi, 50.000 meter persegi area outdoor, 12.000 meter persegi area selasar dan 33 ruang rapat dengan berbagai ukuran sehingga terlihat begitu megah.

Nah, itulah dia kelima gedung terbesar di Asia Tenggara khususnya yang ada di Indonesia.

More From: Menarik