5 Wabah Penyakit Lokal Paling Aneh dan Menjadi Misteri Hingga Kini


1

Palingser.com – Wabah penyakit lokal adalah sebutan untuk menggambarkan suatu penyakit yang menyebar luas di suatu daerah dan terjadi pada banyak orang.

Dulu pernah terjadi wabah lokal yang sangat aneh, bahkan sampai saat ini wabah lokal tersebut masih menjadi misteri yang belum terpecahkan.

Wabah penyakit lokal  ini tidak diketahui penyebabnya, sehingga dikatakan sangat aneh dan menjadi misteri bagi kehidupan manusia.

Nah, mau tau seperti apa wabah penyakit lokal yang paling aneh dan menjadi misteri ? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir Merdeka.com.

1. Ensefalitis lethargica Sickness alias Sleepy Epidemi

1

Ensefalitis lethargica adalah wabah penyakit lokal aneh yang menyebar di Spanyol pada tahun 1915. Wabah lokal tersebut menyebabkan jutaan orang mengalami kelumpuhan bahkan sebagian mengalami kematian. Penyakit Ensefalitis lethargica ini ditandai dengan gejala seperti demam tinggi, sakit tenggorokan, sakit kepala, lesu, penglihatan buram, respon fisik dan mental melambat, pola tidur dan bahkan tidak sadarkan diri. Dalam kasus parah penderita bisa mengalami koma bahkan kematian. Namun, anehnya tidak diketahui dari mana dan bagaimana bisa wabah ini datang dan menyebar.

2. Penyakit Tidur di Kazakhstan

2

Pada tahun 2013 lalu, terjadi penyakit tidur aneh di sebuah kota kecil Kalachi, Kazakhstan. Hampir seperempat pendududk di sana tidur selama berhari-hari dalam satu waktu. Ketika mereka terbangun, mereka akan merasa mual, pusing, bahkan hilang ingatan.

Sejumlah penelitian dilakukan untuk mencari tahu penyebabnya seperti air, udara, dan orang yang ada di sana. Namun, tidak juga ditemukan penyebabnya. Penyakit ini menyerang dari segala usia, mulai dari anak-anak, dewasa hingga orangtua.

3. Wabah menari di Strasbourg

3

Pada tahun 1518, sebuah wabah penyakit lokal  menyerang kota Strasbourg. Orang yang pertama kali tertular penyakit ini adalah seorang wanita bernama Frau Troffea. Ia mulai menari-nari sendiri dijalanan tanpa alunan musik. Dalam waktu 4 minggu, sebanyak 34 orang sudah tertular penyakit ini. Sampai saat ini belum bisa diketahui apa penyebab dari penyakit aneh tersebut.

4. Morgellons

4

Wabah penyakit lokal selanjutnya adalah Morgellons yaitu penyakit yang menyerang wanita kulit putih terutama yang berusia setengah baya, penderita merasa seperti ada serangga di bawah kulitnya. Gejala penyakit ini seperti gatal-gatal atau pasien merasa seperti terbakar, atau bahkan kehilangan memori. Namun, sampai saat ini belum diketahui apa penyebab dari penyakti tersebut.

5. Wabah tertawa Tanganyika

5

 

Pada tahun 1962, di negara baru Tanganyika (sekarang menjadi bagian dari Tanzania) terserang wabah penyakit tertawa. Penyakit ini bermula pada tiga gadis muda yang menertawakan sebuah lelucon. Bukannya berhenti, mala ketawa itu semakin jadi dan menularkan ke siswa di sekolah lainnya. Bahkan penyakit tertawa itu juga menularkan ke orang diluar sekolah.  Karena wabah ini, para penderita tertawa tanpa kendali hingga mengeluarkan air mata, pingsan, dan bahkan memunculkan ruam.

Nah, itulah dia ke lima wabah penyakita aneh yang sampai saat ini masih menjadi misteri.

 


Like it? Share with your friends!