Jangan Olahraga Lama-Lama Jika Kamu Gak Mau Mandul, Ini Penjelasannya


088394900_1445505087-PICTARTIKEL1BUKALAPAKCOM

Palingseru.com – Olahraga memang merupakan aktivitas yang menyehatkan tubuh. Tapi, jika dilakukan secara berlebihan juga akan dapat membahayakan kesehatan tubuh kamu loh.

Seperti yang diungkapkan dokter spesialis andrologi RS Fatmawati Jakarta, Nugroho Setiawan. Menurutnya olahraga yang berlebihan bisa membuat seseorang sulit mendapatkan keturunan. Ini karena olahraga yang berlebihan bisa mempengaruhi jumlah testosteron.

Nugroho menceritakan kisah dari salah satu pasiennya yang mengalami kesulitan memiliki anak. Setelah diperiksa  ternyata pasienya tersebut memiliki kebiasaan berolahraga yang terlalu lama, yaitu sekitar 4 jam bahkan lebih setiap kali olahraga.

Setelah dilakukan pengecekan kadar testosteron, ternyata jumlahnya kurang padahal usianya baru 30-an tahun. Ini pun diduga karena kebiasaaannya berolahraga yang terlalu lama.

Seperti dilansir Liputan6.com, ternyata olahraga yang berlebihan bisa timbulkan reaksi oksidatif stres yang menyebabkan radikal bebas yang diproduksi tubuh semakin banyak.

“Saat olahraga itu sebenarnya kita mendera tubuh. Lalu semakin banyak berolahraga semakin banyak butuh antioksidan untuk lawan radikal bebas. Inilah yang memengaruhi kadar testosteron laki-laki,” ungkap dokter Nugroho.

Untuk itu disarankan agar kamu tidak berolahraga secara berlebihan. Jika memang suka dengan olahraga sebaiknya dilakukan dengan secukupnya saja.  Karena semua hal yang berlebihan itu tidak baik untuk yang melakukannya.


Like it? Share with your friends!