Hati Hati Jika Banyak Makan Ayam Potong Bisa Bikin Penis Mengecil. Ini Penyebabnya


15062011_AYAM

palingseru.com – Sebaiknya kamu harus lebih berhati-hati lagi dalam membeli beberapa bahan makanan. Salah satunya ayam potong. Kabarnya, ada beberapa peternak ayam yang menyuntikkan ayamnya dengan hormon estrogen.

Hormon tersebut disuntikkan demi mempercepat pertumbuhan hewan sehingga dikenal dengan hormon pertumbuhan (growth hormone).

Menurut Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM-UI) Agustin Kusumayati, konsumsi ayam yang disuntik hormon dapat memengaruhi hormon anak laki-laki yang masih dalam masa pertumbuhan.

“Kalau anak kita laki-laki suka sekali makan ayam yang gemuk-gemuk, sementara ayam di peternakan disuntik hormon, dan hormonnya itu hormon perempuan (estrogen), jangan heran penisnya bisa menjadi kecil,” kata Agustin dalam diskusi keamanan pangan di Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta, Rabu (1/4/2015).

Bahkan parahnya lagi, hal tersebut juga bisa membuat perilaku anak laki-laki menjadi seperti perempuan. Lain halnya dengan laki-laki, kalau perempuan yang mengonsumsi ayam suntik hormon ini malah bisa mempercepat datangnya haid.

“Misalnya sekarang ada anak-anak usia 9 tahun yang sudah haid. Padahal biasanya umur 11 atau 12 tahun,” kata Agustin.

Padahal hal seperti ini sudah dilarang, namun tetap saja ada peternak yang menyuntikkan hormon itu. Tak hanya ayam, bahkan hewan ternak lain juga bisa disuntik hormon seperti sapi. Tapi untungnya jumlah kasus ini sangat sedikit jika dibandingkan ayam.

Ayam suntik hormon ini biasanya ditemukan di pasar tardisional dan swalayan. Namun sayangnya, kita tidak mudah untuk membedakan mana ayam yang disuntik hormon ataupun yang tidak. Akan tetapi, ayam yang disuntik hormon ini memiliki ciri-ciri fisik yang terlihat gemuk biasanya ayam ini merupakan ayam negeri.

“Untuk itu, konsumen harus lebih pandai memilih makanan yang akan dikonsumsi,” tutur Agustin.

More From: Sehat