5 Kapal Karam Yang Memiliki Banyak Harta Karun


lima-kapal-misterius-berisi-harta-karun-terbanyak

Palingseru.com – Di zaman dahulu pelayaran kapal menjadi salah satu cara untuk melakukan perdagangan  antar benua. Berbagai macam barang yang dijual seperti bahan pokok, sandang, pangan, hingga emas dan perak dibawa di dalam kapal-kapal besar mengarungi lautan.

Tak jarang kapal-kapal yang membawa banyak barang berharga ini mengalami nasib nahas hingga tenggelam didalam lautan. Namun hal ini ternyata tak membuat barang berharga yang ada didalam kapal ikut raib.

Buktinya, tim eksplorasi berhasil menemukan banyak harta karun di tengah lautan dari kapal yang tenggelam. Jumlah harta karun yang ditemukan nilainya cukup fantastik, bahkan bisa membuat kamu menjadi kaya mendadak.

Nah, berikut ini ada lim kapal karam yang ditemukan terdapat banyak harta karun bernilai tinggi. Mau tau seperti apa ? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir Merdeka.com.

1. Kapal Kargo Atocha karam di Florida Rp 6,3 triliun

Pada tahun 1622 sebuah kapal kargo bernama Nuestra Senora de Atocha yang karam di Florida Keys. Didalam kapal tersebut diketahui terdapat harta senilai USD 450 juta atau setara dengan Rp Rp 6,3 Triliun yang diantara lain isinya, emas, perak,  permata dan sebagainya.

Seorang pria bernama Mel Fisher berhasil menemukan seluruh hartnya pada tahun 1985 dengan  melakukan pendekatan selama 17 tahun lamanya.

2. Harta terpendam kapal karam Inggris ini senilai Rp 2,8 triliun

Kapal S.S Garisoppa tenggelam pada tahun 1941, dimana kapal itu membawa sebanyak  tujuh juta ons perak. Diketahui, jumlah harta di kapal tersebut sebesar USD 200 juta atau setara dengan Rp 2,8 Triliun.

Pada 2012 tim eksplorasi laut The Odyssey Marine diketahui memenangkan kontrak atas kapal bangkai kapal ini, dan berhasil mendapatkan 80 persen harta dari kapal tersebut.

3. Kapal emas Amerika bernilai Rp 2,1 T jadi milik tim penemu

Pada tahun 1857 Kapal S.S Central America akhirnya tenggelam bersama 15 ton emas di dalamnya. Setelah 30 tahun tenggelam, akhirnya kapal harta karun itu berhasil ditemukan dan 30 perusahaan asuransi berbondong mengklaim andil dalam segala hal berbau materi dari penemuan tersebut. Diketahui jika harta didalam kapal tersebut bernilai USD 100-150 juta atau Rp 1,4 trilun hingga Rp 2,1 triliun.

4. Kapal harta karun Spanyol bernilai Rp 41,3 triliun jadi rebutan

Pemerintah Kolombia berhasil menemukan bangkai kapal dagang Spanyol dari abad ke-17 di perairan Cartagena. Didalam kapal tersebut terdapat ribuan koin emas, perhiasan, serta benda-benda berharga. Pemerintah Kolombia menafsirkan jika harta karun didalam kapal itu bernilai USD 3 miliar (setara Rp 41,3 triliun).

“Ini adalah harta karun paling berharga dalam sejarah umat manusia,” kata Presiden Santos.

5. Flor de la Mar, kapal berisi harta di Selat Malaka jadi rebutan

Kapal milik Portugis dikabarkan tenggelam di wilayah Selat Malaka. Kapal tersebut membawa harta karun yang sangat berharga dan bernilai tinggi. Sehingga kapal Flor de la Mar ini menjadi kapal rebutan. Kapal ini diketahui sudah berlayar selama 9 tahun dan  tenggelam pada tahun 1511 bersam dengan harta rampasan  dari  Melaka.

Nah, itulah dia ke lima kapal karam yang berisi harta karun didalamnya.

 

 

More From: Menarik