7 Fakta Ganguan Makan yang Wajib Kamu Ketahui


1435252-gangguanmakan-780x390

Palingseru.com – Semua orang bisa terkena gangguan makan. Gangguan makan biasanya bisa disebabkan karena adanya keinginan yang tidak masuk akal antara asupan makan dengan bentuk tubuh yang diinginkan sehingga ganggaun makan ini bisa terjadi.

Meskipun terlihat sepela, gangguan makan ini bisa berakibat fatal loh jika dibiarkan secara terus menerus. Untuk itu, kamu perlu tahu nih ada beberapa fakta mengenai gangguan makan yang harus kamu ketahui.

Seperti dilansir Kompas.com, inilah dia ke tujuh faktanya.

1. Selalu beranggap gemuk

Orang yang mengalami ganguan makan biasanya merasa bahwa tubuhnya terlihat sangat gemuk, sehingga mereka menahan diri untuk makan. Bahkan saat tulang rusuk sudah terlihat, masih saja dianggap gemuk. Orang yang beranggapan diri mereka gemuk ini pasti akan memusuhi makanan untuk mendapatkan tubuh yang langsing seperti yang mereka inginkan.

2. Anorexia, bulimia, dan binge eating

Ada tiga jenis gangguan makan yang biasa dialami oleh orang-orang, yaitu Anorexia yaitu kondisi penderita yang akan mengeluarkan apa pun yang masuk ke dalam tubuhnya dan tidak mau makan sama sekali.

Bulimia adalah gangguan dimana penderita akan makan hingga kenyang lalu memuntahkannya kembali. Yang terakhir ada Binge eating, dimana seseorang makan secara berlebihan, hingga sampai ia kenyang pun ia akan tetap makan.

3. Bisa karena faktor genetik

Gangguan makan ternyata juga bisa disebabkan oleh faktor genetik. Bisa juga disebabkan karena stres, depresi dan gaya hidup.

4. Angka kematian yang tinggi

Ternyata gangguan makan memegang angka kematian yang paling tinggi dibandingkan yang lain. Orang yang mengalami gangguan makan akan membuat tubuhnya kekurangan gizi sehingga bisa menyebabkan kematian.

5. Tidak mencari pengobatan

Kebanyakan orang yang mengalami gangguan makan pasti tidak akan memberitahukan kepada kerabatnya bahkan mereka tidak mau mencari pengobatan dan juga akan menolak untuk diobati.

6. Cara tidak sehat untuk tetap kurus

Gangguan makan ini adalah cara yang tidak sehat untuk mendapatkan tubuh yang tetap kurus. Apalagi sampai tidak memasukan makanan apa pun ke dalam tubuhnya, karena saking ingin kurusnya.

7. Stereotip gender

Kebanyakan gangguan makan ini dialami oleh para wanita yang memang menggila-gilai tubuh yang kurus dan langsing. Namun, juga ada pria yang mengalami gangguan makan, hanya saja mereka tidak mau mengakuinya.

Nah, itulah dia ke tujuh fakta mengenai gangguan makan yang harus kamu ketahui.

 


Like it? Share with your friends!