Selain diminum, Ini 8 Manfaat Lain yang Bisa Kamu Gunakan Menggunakan Kopi


ilutrasi-kopi0011_20151218_143511

[ads1]Palingseru.com – Kopi adalah minuman ternikmat bagi para pencinta kopi. Sehari tidak minum kopi terasa tidak semangat , itulah sebabnya kenapa kopi saat ini banyak diburu konsumen. Jika selama ini banyak sekali orang berpendapat untuk tidak mengkonsumsi kopi , karena kopi mengandung kafein yang berbahaya jika dikonsumsi berlebihan. Namun menurut ilmuwan, kopi diketahui memiliki manfaat baik bagi otak, kulit dan juga tubuh seseorang.

Dan mungkin kamu tidak percaya, jika selain diminum kopi juga memiliki sejumlah manfaat yang luarbiasa dan bisa kamu gunakan untuk lebih meningkatkan kesehatan tubuh.

Seperti yang dilansir dari Tribunnews.com, inilah dia 8 manfaat yang bisa kamu gunakan dari kopi.

1. Mengurangi sakit kepala

Salah satu manfaat yang bisa kamu gunakan dari kopi yakni bisa mengurangi sakit kepala. Hal ini terbukti dari sebuah percobaan klinis jika di dalam kopi mengandung kafein yang dapat mengurangi pembengkakan di pembuluh darah serta dapat mengurangi intensitas dan frekuensi dari sakit kepala.

2. Dapat dipakai untuk memperbaiki perabotan

Selain diminum , kopi juga dapat dipakai untuk memperbaiki perbaotan. Caranya dengan mencampurkan 2 atau tiga sendok makan kopi dengan air secukupnya hingga membentuk sebuah pasta. Namun untuk perabotan berbahan kayu berwarna merah, tambahkan beberapa tetes iodine. Kemudian letakkan pasta tersebut di atas sebuah pisau dan gunakan untuk menutupi retakan di atas perabotan. Biarkan pasta tersebut mengering sempurna, dan kilapkan dengan lilin perabotan. Hasilnya perabot akan terlihat lebih baru kembali.

3. Pembersih mobil

Buat kamu yang ini punya mobil terus wangi  , bisa memanfaat kopi ini sebagai bahan utamanya. Kopi memiliki manfaat sebagai pembersih mobil yakni untuk menghilangkan bau di dalam mobil. Caranya mudah hanya dengan meletakkan sebuah wadah yang di isi dengan biji kopi yang baru digiling. Sebab biji kopi ini mampu menyerap segala macam bau di dalam mobil.

4. Mempercepat pengomposan

Kopi juga sangat baik untuk mempercepat pengomposan. Hal ini bisa terbukti ketika kamu mencampurkan kompos dengan kopi maka dalam waktu beberapa hari saja komos itu sudah terbentuk. Ini dikarenakan kandungan kopi bisa menambah populasi bakteri dan membantu tanah serta kompos terpecah lebih cepat.

5. Sebagai pupuk tanaman

Selain di minum , kopi juga sangat baik untuk dijadikan pupuk tanaman. Cara mudah, dengan menggali sekitar ¾ kopi di tanah dekat dengan akar, ulangi sekali dalam sebulan, maka tanaman akan tumbuh dengan suburnya.

6. Menghilangkan bau hewan

Kopi juga bisa bermanfaat untuk menghilangkan bau hewan. Caranya pun cukup mudah dengan panaskan secangkir biji kopi yang baru digiling di dalam sebuah wajan besi dengan api rendah. Saat aroma kopi akan dilepaskan ke udara, lepaskan tutup wajan ke dalam ruangan yang berbau dan letakkan di atas tatakan kaki tiga. Saat biji kopi mendingin, bau tak sedap akan perlahan menghilang.

7. Pembersih wajah

Kopi juga sangat baik digunakan untuk perawatan wajah alami. Buat kamu yang suka menggunakan kopi sabagai masker , maka bisa membuat kulit wajah lebih lembut dan segar kembali. Beberapa hasil penelitian menemukan bahwa kopi bisa menghilangkan dan mengangkat kulit mati di wajah.

8. Mengkilapkan rambut

Buat kamu yang ingin punya rambut sehat dan berseri juga bisa memanfaatkan kopi sebagai bahan utamanya. Caranya juga cukup mudah dengan menambahkan kopi extra strong ke rambut saat kering. Biarkan kopi selama 20 menit, dan bilas. Hasilnya rambut bisa terlihat lebih mengkilap dan bersinar.

Nah, itulah dia delapan manfaat kopi yang bisa kamu rasakan selain diminum.

More From: Gaya Hidup