Kamu Suka Merokok? Makan Makanan ini Agar Jantung Kamu Tetap Sehat


Asian man breaking cigarette in half

 

Asian man breaking cigarette in half

[ads1]Palingseru.com – Merokok merupakan salah satu kebiasaan yang harus dihindari karena tidak baik untuk kesehatan jantung dan paru – paru. Namun seseorang yang sudah pernah mencicipi rasa rokok bahkan sudah ketagihan merokok ini sangat sulit untuk bisa menghindari rokok.

Namun bagi kamu yang ingin punya jantung tetap sehat walapun punya kebiasaan suka merokok, tentunya perlu diimbangi dengan mengkonsumsi makanan – makanan yang lebih sehat.

Dalam sejumlah studi mengatakan jika ada beberapa makanan yang perlu dikonsumsi para perokok jika kamu menginginkan jantung yang tetap sehat. Memulihkan kesehatan jantung perokok agar tetap sehat yakni memerlukan waktu 1 dekade . Dalam kurun waktu tersebut berguna untuk memulihkan kerusakan yang terjadi akibat inflamasi hilang, dan kembalinya pembuluh darah ke keadaan elastisitas semula.

Untuk bisa mendapatkan hasil pemulihan yang optimal, Ohio State University menyarankan bagi para perokok untuk rutin mengkonsumsi vitamin E yang bisa menjaga kesehatan tubuh dari dalam.

Vitamin E ini merupakan suplemen utama yang perlu dikonsumsi para perokok demi membuat jantung lebih sehat. Bahkan sejumlah para ahli memaparkan pendapatnya tentang vitamin E seperti yang dikemukakan oleh Richard Bruno. Dia adalah seorang professor nutrisi dari Ohio State University mengatakan bahwa “vitamin E berfungsi sebagai antioxidant yang cukup efektif untuk proteksi terhadap lemak yang dapat merusak tubuh”.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Bruno dan kolega, mereka menrekruit 30 orang perokok yang mulai merokok sejak usia 20 tahun-an dan menghabiskan paling sedikit 1 bungkus per hari.

Richard juga menyarankan jika sebaiknya semua perokok harus berhenti merokok selama 1 minggu, dan 16 subjek mendapat 500 mg vitamin E per hari yang dinamakan gamma tocopherol. Peneliti menggunakan tocopherol, sebab bentuk dari vitamin E ini dapat ditemukan di kacang-kacangan dan kedelai.

Dan setelah 1 minggu, mereka menemulan  peningkatan fungsi pembuluh darah sebesar 2,8%, pada kelompok yang juga mengkonsumsi vitamin E peningkatan itu ditambah menjadi 1,5%.

Biarpun penelitian ini hanya sebentar dengan subjek yang sedikit, namun para peneliti berpendapat bahwa peningkatan 1% fungsi vaskular dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebanyak 13%.

Bruno berpendapat “Pada akhirnya semua orang yang merokok harus kita bujuk untuk berhenti merokok, dan apabila kita bisa mengangkat isu bahwa pemberhentian rokok dapat mengurangi risiko penyakit jantung, maka efek itu dapat berdampak terhadap pandangan kesehatan publik.” seperti yang dilansir dari Tribunnews.com (26/12).

 


Like it? Share with your friends!