Khusus Untuk Muslim, Ini Hukumnya Jika Kamu Meniup Terompet di Malam Tahun Baru


Palingseru.com – Dalam menyambut malam pergantian tahun, masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan untuk meniup terompet. Ini dilakukan hampir seluruh masyarakat di Indonesia. Tapi sayangnya kebanyakan masyarakat Indonesia juga tidak tahu apa makna dari meniup terompet saat akan menyambut malam tahun baru tersebut.

[ads1] Padahal menurut islam menurut terompet pada saat akan menyambut pergantian tahun, tidak boleh dilakukan. Ini karena sejarah meniup terompet yang berasal dari budaya masyarakat Yahudi.

Seperti dilansir 8kabar.blogspot.com, dulunya masyarakat Yahudi meniup terompet pada saat penyambutan tahun baru bangsa mereka yang jatuh pada bulan ke tujuh pada sistem penanggalan mereka (bulan Tisyri).

Dulunya masyarakat Yahudi menyebut terompet sebagai shofar (serunai), sebuah alat musik sejenis terompet.Bunyi shofar mirip sekali dengan bunyi terompet kertas yang dibunyikan orang Indonesia di malam Tahun Baru. Shofar juga digunakan oleh masyarakat Yahudi untuk mengumpulkan manusia saat mereka ingin beribadah dalam sinagoge (tempat ibadah) mereka.

Baca di Halaman Selanjutnya

More From: HOT ISU