5 Penemuan Paling Penting Didunia ini Ternyata Ditemukan Oleh Orang Islam


4

[ads1]Palingseru.com – Jika beberapa bulan ini Islam sering dikatakan sebagai kaum yang sering buat masalah di dunia hingga dikatakan sebagai Islamofobia dengan dipicu serangan teror Negara Islam Irak dan Syam (ISIS) ke Prancis yang menewaskan ratusan orang itu. Kini Islam pun berusaha melawan sentimen tersebut.

Sejumlah kaum Islam berusaha meluruskan pandangan keliru orang Barat itu, mereka banyak mengira pemeluk Islam adalah penyuka kekerasan, serta hidup dalam keterbelakangan. Padahal Islam merupakan kaum pertama yang pernah menemukan temuan penting bahkan sampai saat ini banyak di gunakan orang.

Dilaporkan jika orang Barat kini mulai terkejut saat mengetahui ilmu penting arsitektur atau kebersihan diri masa kini berasal dari ilmuwan Islam.

Lantas apa saja penemuan paling penting di dunia yang ternyata ditemukan oleh orang Islam. Seperti yang dilansir dari Merdeka.com, inilah dia diantaranya :

1. Aljabar

1

Salah satu penemuan paling penting di dunia yang ditemukan oleh kaum Islam yakni Aljabar yang saat ini menjadi ilmu konstruksi dunia yang telah berkembang pesat. Dengan adanya ilmu Aljabar ini  manusia bisa membangun gedung pencakar langit yang tingginya mendekat satu kilometer dari permukaan tanah.

Ilmu aljabar ini juga bisa dikatakan sebagai pondasi sains terapan modern yang berupa ilmu hitung matematika, astronomi, astrologi, geografi, hingga kartografi .

Aljabar ini pertama kali ditemukan oleh bangsa Eropa pada abad ke-12, ketika seorang berdarah Inggris-Arab menerjemahkan karya ilmuwan muslim bernama Al Khwarizmi.

Namun sayangnya , Khawarizmi yang lahir sekitar tahun 780 di Uzbekistan itu dinyatakan wafat pada 850 di Baghdad, Irak. Dia berprofesi sebagai pengajar di madrasah terkemuka Dinasti Abbasiyah.

2. Sikat Gigi

2

Sikat gigi menjadi kebutuhan pokok manusia di dunia untuk menjaga kesehatan giginya. Dan tahukah kamu jika sikat gigi ini juga merupakan benda terpenting di dunia yang ditemukan oleh Islam

Islam berhasil menemukan sikat gigi ini dengan tujuan kebersihan badan yang dianjurkan dalam Kitab Suci Al Quran . Dalam sejarah hidup Nabi Besar Muhammad, beliau mencontohkan bagaimana membersihkan gigi dengan menggunakan ranting, atau yang akrab disebut ‘siwak’. Sang nabi sangat rajin dalam melakukan hal itu setiap hari dalam membersihkan giginya.

Namun siwak itu hanya bisa ditemukan pada zaman kenabian saja dan di zaman modern ini siwak berubah wujud menjadi sikat gigi bahkan orang saat ini tidak pernah bisa percaya diri tanpa sikat gigi.

3. Marching Band

3

Marching Band juga merupakan temuan kaum Islam yang bisa menampilkan pertujukan spektakuler. Marching Band ini memiliki permainan yang bisa bikin penonton kagum berkat kekompakan pemain saat memainkan drum, cymbal, dan alat band marching lainnya.

Awal mula bisa ditemukannya Marching Band ini ketika umat muslim menggunakan formasi marching band modern di Kerajaan Ottoman Turki, pada abad 19. Penampilan mereka pada saat itu membuat Militer Eropa terkagum-kagum melihat atraksi personil marching band Turki.

4. Gitar

4

Alat musik modern seperti Gitar ini juga salah satu temuan penting di dunia yang berasal dari tanah Arab. Alat musik gitar ini daitemun oleh kseorang muslim Spanyol yang dia sebut sebagai ‘qitara’. Awalnya dia diundang untuk menunjukkan kebolehannya di Istana Umayyah dibawah penguasa Abdel Rahman II di abad ke sembilan dan seiring perkembangan zaman, qitara mengalami evolusi menjadi sesuatu yang modern yang kini disebut sebagai gitar.

5. Kacamata

5

Kacamata merupakan salah satu benda terpenting di dunia yang ditemukan oleh kaum muslim yakni Abu al-Hasan, seorang ilmuwan dari Basra, Irak.

Abu Al – Hasan ini untuk pertama kalinya menemukan metode bagaimana sebenarnya mata manusia bekerja. Dalam eksperimen dengan material reflektifnya, Hasan membuktikan bila mata tidak bisa berfungsi tanpa sinar pantul dan pada akhirnya dia dapat menjelaskan bagaimana bila ada bayangan jatuh tidak tepat dengan sinar pantul mata bisa bekerja.

Dan saat dirinya mengalami masalah mata , dia pun berusaha meramu sebuah alat yang kini populer dengan nama kacamata.

Nah, itulah dia kelima benda terpenting di dunia yang ditemukan oleh kaum Islam.

More From: Menarik