Batuk Gak Sembuh Sembuh, Bisa Saja Kamu Terkena 5 Penyakit Mematikan Ini


jangan-sepelekan-sakit-batuk-yang-anda-alami

[ads1]Palingseru.com – Batuk merupakan salah satu penyakit yang seringkali menyerang secara tiba – tiba apalagi musim pancaroba seperti ini. Walaupun batuk ini merupakan salah satu gejala penyakit ringan , namun jangan pernah mengabaikan penyakit yang satu ini.

Ketika kamu mengalami batuk yang gak sembuh – sembuh , ini bisa menjadi salah satu tanda jika kamu sedang mengidap penyakit mematikan.

Walaupun batuk terbilang penyakit sepele namun bisa saja penyakit batuk ini metenggut nyawa kamu. Dan seperti yang dilansir dari Merdeka.com, inilah dia 5 penyakit mematikan yang bisa menyerang lewat batuk.

1. Bronkitis

Bronkitis merupakan salah satu penyakit mematikan yang ditandai dengan batuk yang berlangsung lama. Jika kamu mengidap penyakit Bronkitis ini biasanya ditandai dengan gejala batuk yang mengeluarkan dahak berwarna dan disertai lendir. Batuk akut yang disebabkan oleh bronkitis biasanya berlangsung selama 18 hari.

2. Asma

Salah satu penyakit mematikan yang bisa ditandai dengan batuk yakni penyakit asma. Penyakit asma ini disebabkan akibat tabung yang berfungsi membawa udara ke paru-parunya mengkerut yang pada akhirnya menyebabkan seseorang mengalami mengi, sesak napas dan batuk kering. Seseorang yang terserang asma biasanya didiagnosis melalui tes pernapasan atau fungsi paru-paru.

3. Pneumonia

Jika kamu mengalami batuk yang berlangsung lama disertai  demam, kelelahan,sesak napas dan menggigil ini juga bisa menyebabkan kamu menderita penyakit Pneumonia. Penyakit pneumonia ini biasanya bisa ditandai dengan dahak berdarah dan berubah warna. Pneumonia berpotensi menjadi penyakit serius yang diobati dengan antibiotik.

4. Kanker Paru – Paru

Kanker paru – paru ini juga merupakan salah satu penyakit yang ditandai dengan batuk yang berlangsung lama hingga berminggu – minggu. Selain batu ini juga biasanya disertai dengan penurunan berat badan, batuk berdarah, kelelahan dan juga nyeri pada dada. Jika kamu menderita gejala – gejala seperti ini cobalah untuk berkonsultasi ke dokter agar mendapatkan pemeriksaan lebih akurat.

5. Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)

Penyakit Gastroesophageal Reflux Disease, atau GERD ini juga merupakan penyakit mematikan yang ditandai dengan gejala batuk lama, atau batuk kronis yang juga disertai dengan gejala mulas atau asam lambung. Orang yang mengembangkan GERD biasanya akan mengalami peningkatan batuk setelah mengonsumsi makanan berat akibat asam lambung bergerak lebih mudah menuju kerongkongan.

Nah, itulah dia kelima penyakit mematikan yang bisa ditandai dengan gejala batuk. Untuk itu ketika terserang batuk segeralah berobat dan melakukan pemeriksaan lebih cepat.

 

More From: Sehat