Batuk Parah di Malam Hari Berikut 8 Tips Yang Bisa Kamu Coba Untuk Meredakannya


daf2bbcc481f0cf083f5d1524716cf65_XL

palingseru.com – Di saat kamu tidur tiba-tiba saja terbangun gara-gara batuk pasti membuat kamu merasa jengkel. Tapi pernah kamu ketahui bahwa seseorang yang mengalami batuk parah di malam hari terjadi karena adanya pengaruh gravitasi.

Tapi kamu tak perlu khawatir karena ada beberapa tips untuk meredakan batuk parah di malam hari, seperti yang dikutip Liputan6.com.

1.Minum teh herbal dengan madu

Minum teh herbal dengan madu sebelum tidur dapat membantu menghancurkan lendir di saluran napas. Di sisi lain, madu juga bisa memberikan ketahanan tubuh.

2.Ubah gaya tidur

Tips erikutnya adalah melawan gravitasi dengan menaruh beberapa bantal di bawah kepala setinggi 4 inci. Cara seperti ini dipercaya dapat meredakan batuk parah.

3.Menggunakan uap

Cobalah duduk di kamar mandi beruap sebelum tidur. Sebab, uap tersebuat mampu meredakan batuk. Namun cara ini tidak disarankan untuk orang yang memiliki penyakit asma karena uap akan membuat batuk menjadi semakin parah.

4.Perhatikan kelembapan

Perhatikanlah suhu di kamar tidur kamu. Usahakan tidak terlalu kering dan tidak terlalu lembap. Jadi usahakanlah suhu kamar kamu tetap stabil agar tungau dan debu tidak ada. Sebab, keduanya adalah alergen umum yang dapat tumbuh di udara lembap.

5.Simpan semua perlengkapan di dekat tempat tidur

Jika kamu batuk secara terus-menerus, maka sebaiknya kamu menyiapkan beberapa perlengkapan yang akan meredakan batuk kamu seperti segelas air, obat batuk atau tetes, dan lain sebagainya.

6.Cuci rutin seprai dan selimut

Debu atau tungau yang berada di seprai dan selimut juga merupakan salah satu pemicu batuk. Oleh karena itu, kamu harus selalu memerhatikan kebersihan tempat tidur kamu dan mencuci seprai dan selimut setiap minggu.

7.Pertimbangkan obat

Obat batuk memang ada banyak, namun tidak semua jenis obat batuk cocok pada kamu. Jadi, sebaiknya kamu harus pertimbangkan obat apa yang baik kamu konsumsi.

8.Temui dokter

Jika sudah minum obat tapi batuk masih saja menimpa kamu, sebaiknya kamu mengambil langkah cepat yakni menemui dokter untuk mengetahui apa penyebabnya.

More From: Sehat