Selain Flu Ternyata 4 Hal ini Juga Bisa Bikin Hidung Kamu Jadi Mampet


ketahui-ini-4-penyebab-hidung-mampet-selain-flu

Palingseru.com – Kamu heran kenapa hidung kamu tersumbat, padahal kamu tidak sedang flu atau pun pilek. Jika kamu mengalami hal seperti ini, jangan khawatir, karena memang ada beberapa kondisi kesehatan yang bisa membuat hidung kamu jadi tersumbat.

Beberapa kondusu ini sering kamu alami sehingga membuat hidung kamu tersumbat, padahal kamu sedang tidak flu atau pun pilek.

Nah, mau tau kondisi seperti apa yang bisa membuat hidung kamu jadi mampet ? Yuk, langsung aja kita simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir Merdeka.com.

1. Kondisi hamil

Kehamilan memang bisa memberikan banyak perubahan pada tubuh. Namun beberapa perubahan seperti pembengkakan pada kaki sudah dianggap hal biasa bagi kebanyakan ibu hamil.  Tapi, kalau dengan pembengkakak di selaput hidung, pastinya tidak biasa bukan.

Hal ini bisa saja terjadi pada ibu hamil yang membuat hidung menjadi tersumbat. Untuk mengatasinya ibu hamil bisa mengonsumsi lebih banyak air putih.

2. Tiroid tak bekerja efektif

Tiroid yang tak bekerja dengan efektif ini artinya tubuh yang tidak menghasilkan tiroid yang cukup.  Hal ini bisa menyembabkan hidung kamu tersubat, meskipun kamu tidak sedang pilek. Tapi, masalah ini juga bisa menimbulkan gejala lain seperti sembelit, rambut menipis, kulit kering dan merasa dingin.

3. Infeksi sinus

Infeksi sinus biasanya ditandai dengan kondisi pilek dan flu yang tak kunjung sembuh-sembuh lebih dari dua minggu. Jika kamu mengalami pilek atau flu lebih dari dua minggu, bisa jadi infeksi berkembang ke sinus kamu. Biasanya gejalanya akan muncul seperti demam, ingus bernanah, dan sakit pada sinus.

4. Polip hidung

Polip hidung juga bisa menyebabkan hidung tersumbat. Polip sendiri adalah pertumbuhan non-kanker yang terjadi pada hidung atau sinus yang tidak berbahaya. Polip ini bisa menghalangi saluran udara sehingga membuat hidung terasa tersumbat.

Nah, itulah kondisi di mana bisa membuat hidung kamu menjadi tersumbat dan sulit bernapas.

 


Like it? Share with your friends!