5 Aksi Teror Terkenal ini Berhasil Tertangkap Kamera


3

Palingseru.com – Aksi teror dan ledakan bom memang menjadi salah satu tragedi yang sering terjadi disejumlah negara. Dan kemarin Indonesia dikabarkan mengalami baku tembak aksi teroris yang mengejutkan di tengah kesibukan dan padatnya lalu lintas di sekitar pos polisi Thamrin , Sarinah , Jakarta Pusat.

Tragedi yang menegangkan suasana ibu kota itu berhasil terekam sebuah kamera bahkan sejumlah video ledakan bom itu berhasil di sebarluaskan di dunia maya.

Ternyata tak hanya ledakan bom Sarinah di Indonesia saja yang berhasil terekam kamera , ada sejumlah aksi teror di negara lain yang juga berhasil terekam kamera video.

Seperti yang dilansir dari Merdeka.com, inilah dia 5 aksi teroro terkenal yang berhasil tertangkap kamera.

1. Pelaku Bom Boston

1

Salah satu aksi teror yang berhasil tertangkap kamera yakni ledakan bom di dekat garis finish lomba marathon di Kota Boston, Amerika Serikat, yang telah menewaskan tiga orang dan melukai 134 lainnya serta 15 orang dalam kondisi kritis.

Ledakan bom yang belum diketahui siapa pelakunya ini membuat Pihak Biro Investigasi Federal Amerika (FBI) langsung mengambil alih kasus ini. Ledakan bom di Boston ini membuat sejumlah ambulans, truk pemadam, serta lusinan mobil polisi langsung memenuhi lokasi kejadian.

Bahkan sejumlah helikopter berputar-putar dan satu Humvee tempur juga sudah ada sebagai salah satu siaga terkait aksi teror Boton ini.

2. Pelaku Penembakan Charlie Hebdo : Kami Siap Mati Syahid

2

Penembakan yang terjadi di Charlie Hebdo ini juga merupakan salah satu tragedi aksi teror yang berhasil terekam kamera video.

Sampai kini belum diketahui pasti siapa pelaku dari aksi teroro ini. Namun pihak kepolisian tengah bernegosiasi dengan kedua tersangka penembakan kantor tabloid satir Charlie Hebdo di Kota Dammartin-en-Goele, sekitar 40 kilometer sebelah timur laut Paris.

Dilaporkan jika dua pria bersenjata keturunan Aljazair itu sedang berada di dalam gedung sebuah pabrik percetakan dan memiliki sandera. Dalam negosiasinya mereka mengatakan ingin mati syahid.

“Kami siap mati syahid,” kata kedua kakak-adik, Said dan Cherif Kouachi kepada juru runding polisi.

Penembakan di kantor tabloid Charlie Hebdo yang menewaskan 12 orang, termasuk dua polisi dan empat kartunis.

3. Pelaku Penyandraan di Mal Kenya

3

Sebuah mall di Kenya dikabarkan telah diserang sekawan teroris yang katanya bagian dari organisasi Al-Qaidah yang telah bergabung dalam penyerangan akibat bantuan dari jejaring sosial.

Dilaporkan jika teroris Al-Shabaab ini merupakan bagian dari Al-Qaidah yang akan melakukan penyandraan melalui jejaring sosial seperti Twitter, YouTube, dan Facebook. Aksi penyandraan yang akan dilakukan oleh mereka di diunia maya ini begitu privat bahkan mereka menjaga komunikasi diantara sekelompoknya dengan menggunakan bahasa Inggris.

Dengan komunikasi tersebut , warga Amerika terlihat semakin berminat menjadi anggota Al-Shabaab , bahkan setiap tahunnya anggota Al-Shabaab bertambah banyak mulai dari kalangan warga blasteran Amerika-Somalia. Kebanyakan anggota dengan latar belakang ini adalah remaja yang memiliki masa lalu kelam saat tinggal di Somalia.

Salah satu stasiun televisi CNN dalam akun Twitternya mengatakan: “Menurut sumber di dalam kelompok teror al-Shabaab, tiga tersangka penyerang di mal Nairobi berasal dari Amerika Serikat.”

4. Pelaku Bom Bangkok

4

Aksi teroro yang juga sempat terekam kamera video yakni kasus ledakan bom di Bangkok, Thailand pada Senin (17/8) . Aksi ledakan bom itu terjadi di kuil Erawan, distrik Ratchaprasong, Bangkok yang menewaskan sekitar 22 orang.

Sejumlah aparat kepolisian pun berhasil menemukan sebua bom dan seorang saksi mata perempuan di TKP yang katanya telah melihat pelaku teroro.

Menurut perempuan itu,  dia sempat melihat ada sosok pria mencurigakan dengan menggunakan baju kuning dan ransel hitam itu berkeliaran di sekitar kuil Erawan sebelum bom meledak.

Dalam hal ini , Kepolisian Bangkok pun memeriksa CCTV di TKP dan menemukan sosok pria mencurigakan itu. Pria itu memang terlihat 15 menit sebelum bom yang mengandung 3 kg TNT itu meledak. Atas temuan ini, Perdana Menteri Thailand, Prayuth Chan-ocha, meyakini jika pria berkaus kuning itu adalah pelaku.

“Kita mencurigai pelaku yang muncul di rekaman CCTV, tapi masih belum jelas. Yang pasti kami mencari pria ini dan saya percaya jika dia adalah orang dari kelompok anti pemerintah yang berbasis di timur laut Thailand,” ungkap Prayuth.

Walaupun sudah ada bukti khusus dari pelaku namun sampai sejauh ini pihak kepolisian Thailand belum bisa menemukan pihak yang bertanggung jawab sekaligus motivasi ledakan bom ini.

5. Pelaku Teror Paris

pelaku-teror-paris-rev1

Aksi teror ledakan bom yang berhasil terekam kamera juga salah satunya aksi teror yang terjadi di Paris. Dalam rekaman video yang berhasil disebarluaskan itu memperlihatkan seorang wanita yang di duga pelaku teror Paris.

Seorang wanita itu terlihat tengah bersembunyi di bawah meja restoran ketika terjadi serangan Paris Jumat lalu selamat lantaran senjata pelaku macet ketika dia akan menembak. Dalam rekaman video CCTV yang diambil pukul 21.34 Jumat lalu terlihat jika restoran itu tengah diberondong peluru hingga membuat pegawai restoran ketakutan dan berusaha melarikan diri.

Dalam video itu juga memperlihatkan seorang pria membawa senjata mendekati pintu masuk restoran dan mengarahkan senjatanya ke bawah meja. Rupanya dia melihat dua perempuan berbaring di bawah meja di luar pintu masuk restoran. Dia mengarahkan senjatanya ke salah satu perempuan itu. Namun karena senjatanya macet dia pun berlalu dan berhasil melarikan diri.

Nah, itulah dia kelima aksi teror yang berhasil terekam kamera video.

More From: Menarik