Ini Bahayanya Jika Kamu Sering Makan Makanan yang Dimasak


086770000_1446697631-justhungry

Palingseru.com – Sebenarnya, manusi bisa hidup sehat hingga usia 120 – 140 tahun. Namun, untuk saat ini sepertinya tidak ada orang yang bisa mencapai hingga usia segitu.

Ini dikarenakan semakin banyaknya bakteri dan virus bahkan zat beracun yang bisa hadir dari berbagai macam makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Saat ini ada banyak makanan yang bisa kita santap dengan mudah dan nikmat. Namun, makanan yang nikmat itu belum tentu sehat. Terkadang ada beberapa makanan sehat yang berubah menjadi makanan beracun bagi tubuh saat setelah di masak.

Proses memasak yang tidak benar dan terlalu lama membuat makanan sehat menjadi tak lagi sehat. Apa lagi jika memasaknya dengan api yang besar, ini akan menghilang seluruh nutrisi dan vitamin makanan dan juga timbulah zat-zat baru yang bisa bersifat racun bagi kesehatan tubuh.

Nah, siapa yang senang memasak ? Memasak memang mengasyikan,  tapi sebaiknya jangan terlalu sering makan makanan yang di masak. Karena ada bahaya tersendiri yang akan mengintai kesehatan kamu.

Kamu harus tahu nih mengolah makanan dengan cara dimasak menggunakan api besar, bisa berdampak buruk untuk kesehatan. Seperti berikut ini, yang dilansir dari Liputan6.com.

1. Struktur molekul yang ada di sumber protein diubah yang menyebabkan asam amino esensial menjadi rusak.

2. Karbohidrat menjadi lengket

3. Lemak menghasilkan banyak karsinogen ketika terlalu dipanaskan, termasuk hidrokarbon, nitrosamin, akrolein, dan benzopyrene, salah satu agen penyebab kanker yang dikenal paling kuat.

4. 50 persen dari vitamin dan mineral rusak atau hilang.

5. 100 persen enzim hancur

6. Serat alami memecah. Dengan begitu, selulosa kehilangan kemampuan untuk menyapu bersih saluran pencernaan.

Nah, begitu berbahayanya makanan yang di masak dengan api besar, apa lagi jika kamu sampai mengonsumsinya setiap hari. Apa yang akan terjadi pada tubuh kamu ?

Untuk itu marilah kita perbaiki kesalahan dalam hal memasak makanan. Jangan sampai karena makanan kamu menjadi memiliki tubuh yang tidak sehat dan tidak kuat untuk melawan penyakit.

 

More From: Sehat