4 Penyebab Kenapa Bit Coin Gagal dan Akhirnya Mati Dini


4-borok-utama-bitcoin-penyebab-si-mata-uang-digital-mati-dini

[ads1]Palingseru.com – Tahukah kamu apa itu Bitcoin ?

Seorang pengembang alias developer Bitcoin, Mike Hearn mengatakan jika Bitcoin (mata uang digital) ini merupakan sebuah eksperimen berupa sistem pembayaran online.

Mike Hearn mengatakan jika dirinya sudah bergelut di dunia Bitcoin selama lima tahun, dan menghasilkan software Bitcoin yang dipakai oleh jutaan user. Untuk pertamakalinya , Bitcoin ini digunakan pada tahun 2009dan cukup populer digunakan.

Namun untuk saat ini dikabarkan jika Bitcoin telah dilegalkan terutama di Indonesia dan Jerman. Pelegalan Bitcoin ini karena ada banyak faktor yang salah satunya gagalnya masyarakat dunia menyikapi kehadiran Bitcoin.

Dan tak hanya itu saja , masih ada banyak penyebab kenapa Bit Coin gagal dan akhirnya mati dini. Seperti yang dilansir dari Merdeka.com, inilah dia diantaranya :

1. Database BitCoin sesak , Transaksi Lambat

Salah satu penyebab kenapa Bitcoin ini gagal dan akhirnya mati di usia dini karena ‘blockchain’ atau database Bitcoin sudah sangat sesak, bahkan servernya tidak bisa melayani lebih dari 3 pembayaran per detik. Sebelumnya , penguasa 50 persen jaringan Bitcoin (sebuah grup raksasa) dari China berusaha menghindari peningkatan transaksi ‘block size’ Bitcoin yang lebih dari 1MB lantaran koneksi internet mereka lambat, sementara transaksi besar yang cepat justru bisa mengurangi keuntungan mereka selaku ‘miner’.

2. Kelompok yang Ingin Merubah Bitcoin agar jadi lebih baik justru di Kecam

Selain itu ada banyak penyebab kenapa Bitcoin ini gagal dan mati di usia dii juga karena ada sejumlah kelompok yang mengubah Bitcoin agar lebih baik namun malah mendapat kecaman. Bahkan penambahan kapasitas transaksi Bitcoin semakin banyak diblokir di forum-forum Bitcoin.

Kelompok tersebut dikenal sebagai Startup Bitcoin terbesar asal Amerika, Coinbase. Sementara itu , perusahaan-perusahaan yang menggunakan sistem transaksi dari Bitcoin XT banyak yang diserang hacker lewat metode DDoS.

3. Banyak Jaringan Transaksi Bitcoin dikuasai “Oknum”

Banyak  jaringan transaksi Bitcoin yang juga dikuasai oleh oknum lain ini juga menjadi alasan kenapa pengembangan Bitcoin gagal. Bahkan dilaporkan juga jika pengembang atau developer Bitcoin yang tidak pernah percaya sistem Bitcoin itu sendiri diberikan akses penuh ke kode sumber Bitcoin. Selain itu ada juga sekelompok Bitcoin XT yang disebut dengan nama Bitcoin Core ini bersikukuh tidak mau mengubah sistem transaksi Bitcoin, namun mereka tidak mau mengubah sistem warisan pencipta Bitcoin itu sendiri.

4. Biaya Transaksi Mahal , Rawan Manipulasi

Bitcoin dianggap gagal juga dikarenakan biaya transaksi mahal dan rawan manipulasi. Bahkan sejak postingan blog Hearn ini dishare massal di dunia maya, nilai Bitcoin yang awalnya USD 440 langsung terjun ke USD 360 saja. Semntara itu developer Bitcoin sendiri sudah tidak percaya pada Bitcoin, maka dariitu Bitcoin dianggap mati di usia dini dan tidak dipergunakan lagi.

Nah, itulah dia keempat alasan kenapa Bitcoin dianggap gagal.

 


Like it? Share with your friends!