Jangan Pernah Masukan Makanan ke Dalam Kantung Plastik Hitam Sebab Berbahaya, Ini Penjelasannya


kresek-hitam

Palingseru.com – Kamu pasti sering mendapati orang-orang yang berjualan makanan menggunakan kantung plastik hitam atau yang lebih sering disebut kantung kresek sebagai pembungkus makanan yang mereka jual bukan ?

Contohnya saja, si penjual gorengan. Pasti akan menggunakan kantung kresek untuk membungkus gorengan yang dibeli oleh pelanggannya.

Nah, pernah kah kamu berpikir tentang bahaya menggunakan kantung kresek sebagai wadah makanan ? Mungkin sangat jarang sekali orang yang memikirkan bahaya menggunkan kresek untuk wadah makanan. Tapi, kamu perlu tahu bahwa menempatkan makanan dalam kantung kresek sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh dan bisa menyebabkan penyakit kanker seperti kanker darah (leukimia), kanker hati dan jenis kanker lainnya.

Dalam produk plastik terdapat bahan-bahan kimia yang sangat mudah terurai jika terkena makanan yang panas, makanan yang asam, cuka atau vitamin c, serta makanan yang  berminyak atau berlemak.

Kamu harus tahu plastik dibuat dengan campuran banyak bahan kimia seperti polypropilene, polyetilene, polyvinyl chloride dan polycarbonate. Tak hanya itu, untuk membuat plastik menjadi licin dan lentur maka ditambahkan bahan yang disebut plastikizers yang terdiri dari kumpulan phthlate. Lalu, untuk membuat plastik menjadi kaku ditambahkan bahan filler, juga ada compound untuk proses pewarnaan.

Banyak sekali bukan campuran bahan kimia yang bisa membahayakan kesehatan tubuh kamu. Untuk itu, kamu harus menghindari penggunaan kantung plastik sebagai wadah penyimpanan makanan.

Jika tidak bisa menghindari pemakaiannya, kamu bisa melakukan beberapa kiat sehat untuk menghindari kamu dari kandungan bahan kimia berbahaya dari plastik.

Seperti dilansir Tribunnews.com, kamu bisa memperhatikan beberapa kiat di bawah ini.

1. Gunakan produk yang mendesain plastik khusus untuk mengemas atau membungkus makanan baik panas maupun dingin. Meski pun harganya sedikit mahal, tapi kesehatan kamu bisa terjaga aman.

2. Jangan gunakanan plastik kemasan untuk mengolah makanan. Karena ditakutkan jika olahan makanan itu tercemari oleh bahan kimia yang terkandung dalam plastik kemasan.

3. Jangan gunakan kantung plastik hitam sebagai wadah penyimpanan makanan seperti gorengan, sayuran, daging dan sebagainya. Sebaiknya gunakan kantung plastik yang berwarna putih atau transparan. Karena kantung plastik putih lebih aman.

4. Jika kamu terpaksa menggunakan kantung plastik hitam, sebaiknya jangan terlalu lama. Segera keluarkan makanan yang kamu bungkus dengan kantung kresek hitam tadi.

5. Yang terakhir kamu bisa membiasakan diri mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, agar daya tahan tubuh kamu tetap meningkat dan tidak berkurang. Ini bisa membuat kamu terhindari dari penyakit-penyakit berbahaya.

Nah, itulah dia bahayanya serta kiat untuk menghindari bahaya menggunakan kantung plastik hitam..

More From: Sehat