Ini yang akan Terjadi pada Indonesia Jika 1 USD = Rp 5000


kj

[ads1]Palingseru.com – Saat ini negara Indonesia sedang mengalami masalah perekonomian yang begitu menjerit lantaran kurs ekonomi mencapai Rp 15.000 perdollarnya. Melihat kondisi seperti ini pemerintah Indonesia berupaya untuk menurunkan nilai kurs mata uang Indonesia.

Jika sedandainya kurs mata uang Indonesia berhasil diturunkan menjadi 1 USD = Rp 5000. Lantas apa yang terjadi ?

Jika dilihat dari sisi postifnya , banyak sekali perubahan yang akan terjadi jika I USD = Rp 5000. Dan seperti yang dilansir dari Tribunnews.com, coba simak ulasan yang berikut ini :

1. Bensin dihapus

Salah satu hal yang akan terjadi jika kurs mata uang Indonesia turun menjadi Rp 5000/dolar , maka bisa jadi bensin dihapuskan. Semua kendaraan dan mesin yang menggunakan premium atau pertalite akan berpindah menggunakan pertamax dan pertamax plus. Sementara premium yang harganya saat ini terjangkau akan terhapus dan ditiadakan karena harga pertamax sudah bisa menjadi kebutuhan pokok pengguna kendaraan.

2. Barang impor jadi murah

Jika kurs Indonesia menjadi Rp 5000/dollar otomatis barang impor jadi lebih murah. Barang – barang impor seperti hp, camera, tablet, laptop, komputer, droneĀ  ini harganya akan turun dan akan lebih terjangkau oleh konsumen.

3. Biaya keluar negeri jadi lebih terjangkau

Jika 1 USD = Rp 5000, ini akan membuat biaya ke luar negri jadi lebih terjangkau. Tiket pesawat dan biaya penginapan akan lebih murah jika dihitung dengan nilai rupiahnya.

4. Bunga bank dan Sembako turun drastis

Bunga bank dan sembako akan turun drastis jika 1 USD = Rp 5000. Turunnya nilai mata uang rupiah dengan kurs Rp 5000/dollar ini akan membuatĀ  bunga kredit akan dibawah angka 10. Sedangkan harga sembako cenderung akan turun karena ongkos transportasi menjadi lebih murah.

5. Tarif listrik, telepon, PDAM, Gas, tiket bis kereta pesawat domestik, dll akan murah

Jika kurs Indonesia mencapai 1 USD = Rp 5000 ini akan membuat kebutuhan ekonomi murah meriah mulai dari tarif listrik , telepon, PDAM, gas , tiket bisa kereta pesawat domestik . Kebijakan ini akan membuat kecenderungan erjadi defl**i besar-besaran yang bertujuan membentuk persamaan harga baru.

Nah, itulah dia beberapa hal yang akan terjadi jika kurs mata uang rupiah dalam 1 USD = Rp 5000.


Like it? Share with your friends!