Ini Akibat Mengerikan Dari Virus Zika Untuk Bayi


darurat-global-virus-zika-sebabkan-keguguran-kepala-janin-mengecil-1602020

Palingseru.com – Karena penyebaran virus zika yang semakin cepat Organisasi kesehatan dunia (WHO/World Health Organization)  mengadakan sidang darurat untuk menanganinya.

Virus yang kini sudah tersebar luas di Benua Amerika, dikatakan hampir sama dengan virus ebola yang menyerang beberapa negara di Afrika beberapa waktu lalu.

“Saya menyatakan sekarang ada sejumlah kasus (bayi) mengalami microcephaly dan kelainan neurologis lainnya di Amerika Latin mirip dengan sejumlah kejadian di Polinesia Perancis pada tahun 2014 dan merupakan keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional,” terang Dirjen WHO Margaret Chan, seperti dilansir Merdeka.com.

Viruz zika ini sangat berbahaya untuk ibu-ibu hamil, sebab bisa menyebabkan ibu hamil mengalami keguguran serta dapat menularkan pada janinnya..

Untuk itu, ibu hamil di sarankan agar tidak mengunjungi negara-negara yang sudah tertular virus zika. Ini untuk mencegah tertularnya virus zika ke janin-janin yang akan dilahirkan.

Perlu kamu ketahui jika virus zika ini disebut sebagai penyebab potensial peningkatan microcephaly atau suatu kondisi di mana bayi lahir dengan lingkar kepala mengecil tidak normal. Virus zika ini akan menyerang jaringan otot dan sistem saraf termasuk sistem saraf pusat di otak dari janin.

“Dampak paling buruk adalah keguguran. Itu bisa saja terjadi bila memang sang ibu dalam keadaan drop sekali,” ujar Dokter Umum dari Duta Kartini, Laila A.

Penularan virus ini tersendiri melewati gigitan nyamuk aedes aegepti, yang masih satu family dengan penyebab demam berdarah, malaria dan penyakit chikungunya.

Gejala awalnya pun sangat mirip dengan penyakit demam berdarah, yaitu akan mengalami suhu tubuh yang naik turun. Jadi, ibu hamil diharapkan untuk menjaga kebersihan lingkungannya dari genangan air yang bisa membuat nyamuk Aedes Aegepti berkembang biak.

 

More From: Sehat