Ini Dia 5 Ciri Kartu Micro SD Palsu Jangan Sampai Kamu Membelinya Berbahaya


jangan-tergoda-harga-ini-5-ciri-kartu-microsd-palsu-bahaya-dibeli

palingseru.com – Micro SD merupakan memori tempat penyimpanan segala data. Setiap smartphone akan selalu membutuhkan micro SD. Sebelum kamu membelinya, ada baiknya kenali dulu ciri-ciri micro SD. Pasalnya, banyak oknum penjual micro SD palsu dan menggunakan merek ternama, misalnya Kingston, SanDisk, dan Samsung.

Seperti yang dikutip merdeka.com, inilah 5 ciri-ciri micro SD palsu.

1.Kapasitas besar, harga super murah

kapasitas-besar-harga-super-murah

Banyak penjual microSD yang curang, mereka mengubah kapasitas yang kecil menjadi jauh lebih besar. Yang harus dicermati adalah harganya. Apabila microSD berkapasitas 16 GB ke atas dijual dengan harga di bawah Rp 100 ribu, maka bisa dikatakan itu palsu. Sebab, harga microSD 16 GB ke atas harga sesungguhnya berkisar Rp 150 ribu lebih.

2.Tulisan merek dan kapasitas di kartu buram

 

tulisan-merek-dan-kapasitas-di-kartu-buram

Gambar di atas melihatkan mana microSD yang palsu dan asli. Yang asli melihatkan tulisan ‘Samsung’ dan kapasitasnya sangat jelas. Sementara yang palsu terlihat tulisannya sangat buram. Apabila kamu membeli microSD yang palsu, maka sangat berbahaya karena microSD 64GB itu hanya berkapasitas 8GB saja. Apabila sudah penuh 8GB, data berikut yang ingin kamu simpan bisa menghapus data yang ada sebelumnya atau overwrite.

3.Warna sisi samping microSD

warna-sisi-samping-microsd

Yang perlu diperhatikan berikutnya adalah warna sisi samping microSD. MicroSD yang asli memiliki warna putih sampai di sampingnya, sementara yang palsu sisi sampingnya tidak berwarna.

4.Tak ada info kapasitas di kemasan

tak-ada-info-kapasitas-di-kemasan

MicroSD asli akan melihatkan tulisan kapasitas, jenis, dan class-nya. Sementara yang palsu sama sekali tidak melihatkan tulisan apa-apa. Hanya saja menuliskan kapasitasnya seperti 64GB pada microSD. Setelah dicek oleh YouTubers dengan channel vta1985, ternyata kapasitasnya aslinya hanya 5GB saja. Hal ini tentu saja membahayakan data di smartphone kamu.

5.File tersimpan rusak tidak bisa dibuka

file-tersimpan-rusak-tidak-bisa-dibuka

Terakhir, file tersimpannya rusak tidak bisa dibuka. Untuk membuktikan palsu atau tidaknya cobalah trik satu ini. Cobalah memindahkan data sebesar 64GB ke microSD, setelah itu buka satu per satu filenya, apabila bisa lancar terbuka semuanya, berarti microD tersebut asli. Namun sebaliknya, apabila file tersebut tidak bisa dibuka, maka dapat dipastikan microSD itu palsu.

More From: Tekno