Sering Dianggap Menjijikkan, Ternyata Bekicot Punya Manfaat Luar Biasa Untuk Manusia. Orang Bule Sampai Ngiler


budidaya-bekicot

palingseru.com – Bekicot atau siput (snail) merupakan hewan yang biasa hidup di tempat lembap dan perairan. Hampir semua orang di Indonesia tidak menyukai hewan satu ini karena dianggap menjijikkan. Tapi siapa sangka, di balik rupanya yang menjijikkan itu ternyata menyimpan segudang manfaat.

Bahkan, orang bule sampai ngiler dengan hewan berlendir satu ini. Di Perancis, bekicot menjadi bahan utama dalam masakan. Tak hanya di Perancis, di berbagai negara lain, seperti Spanyol, Filipina, Maroko, Italia, Portugal, Yunani, Belgia, Vietnam, Laos, Kamboja, Siprus, Malta dan bagian dari Amerika Serikat, juga mengonsumsi bekicot.

Mereka mengonsumsi bekicot karena mengandung sejumlah besar protein dan nutrisi penting lainnya. Tak hanya itu saja, bekicot juga diketahui cocok untuk orang yang ingin berhasil di program dietnya serta sebagai obat untuk berbagai masalah kesehatan.

Seperti yang dikutip merdeka.com , inilah beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan dari bekicot.

1.Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Siput ternyata mampu meningkatkan system kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan bekicot merupakan sumber dari lektin (protein mengikat sel tubuh pada glikoprotein dan glikolipid). Selain itu, sumber dari lektin juga memiliki sifat anti-kanker dan melawan sel-sel kanker.

2.Menyamarkan bekas luka

Stres karena memikirkan bekas luka? Kini kamu tak perlu khawatir lagi, karena ada cara mudah yang dapat kamu lakukan. Kamu hanya perlu mengoleskan lendir bekicot pada luka kamu. Sementara itu, lendir bekicot mengandung allantonin, kolagen dan elastin (yang bermanfaat untuk pengobatan penyakit kulit dan patah tulang).

3.Menyembuhkan jerawat

Serum yang disekresi oleh siput adalah sumber yang sangat baik dari oligosakarida, yang bertindak sebagai hydrator untuk kulit. Apabila diterapkan secara langsung pada kulit, serum ini dapat menyembuhkan jerawat, membuat kulit bercahaya alami dan melindungi sel-sel kulit mati.

4.Mengobati penyakit Parkinson

Racun yang diekstrak dari bekicot laut ternyata dapat mengobati penyakit Parkinson. Hal ini dikarenakan racun tersebut memiliki zat yang menghasilkan versi sintesis dari toksin, yang menghalangi atau merangsang reseptor, yang melepaskan bahan kimia pada otak. Tak hanya itu, racun bekicot juga dapat mengobati kecanduan dan depresi.

5.Dapat merangsang dopamin

Selain dapat mengobati penyakit di atas, racun bekicot juga dapat merangsang dopamin. Hal ini berguna bagi orang-orang penderita penyakit saraf yang kekurangan dopamin.

Baca Juga : Jika Di Dekati Kucing Berarti ada 3 Pertanda dari Allah. Kamu Mau Tahu?

More From: Sehat