Penting Untuk Kamu Yang Punya Anak, Jangan Ajarkan Baca Tulis ke Anak di Bawah 4 Tahun. Ini Bahayanya


tes-calistung

Palingseru.com – Ada yang mengatakan dan percaya jika mengajarkan anak sejak dini itu sangat baik untuk perkembangan otaknya. Tak hanya itu, mengajarkan anak di usia yang sangat kecil seperti 4 tahun ke bawah dipercaya bisa membuat otak anak akan berkembang baik.

Tapi ternyata, hal itu tidak benar loh. Menurut seorang pakar yang mempelajari tentang otak atau neurosains sangat tidak menyarankan calistung diajarkan di bawah empat tahun.

“Kalau empat tahun ke bawah empat tahun jangan. Kalau diatas boleh 5 atau 6 bolehlah,” kata pakar neurosains, dr Amir Zuhdi  saat seminar neurosains bersama komunitas Neuronesia, di Jakarta, seperti dilansir Tribunnews.com.

Dr Amir Zuhdi mengatakan jika otak anak saat usia dibawah 4 tahun belum sempurna melakukan membaca, menghitung dan menulis.

Jika orangtua memaksa untuk mengajarkan anak diusia tersebut akan memiliki bahaya yang cukup serius loh. “Bahayanya karena penangkapannya masih kurang, justru membuat emosi orangtua. Ini bahayanya,” katanya.

Emosi orangtua ini bisa membuat mereka akhirnya mengeluarkan kata-kata yang kotor yang bisa membuat anak menjadi ketakutan bahkan bisa juga mencontoh dari apa yang ditunjukan oleh orangtuanya.

Usia 1-4 tahun itu, masanya untuk mengajarkan anak mengelola emosi dan membentuk perilaku, bukannya untuk diajarkan membaca, menghitung dan menulis.

Sebaiknya, jika orangtua ingin mengajarkan anaknya menulis, membaca dan menghitung, tunggu saat anak berusia 5 atau enam tahun saja.

Baca Juga : Jika Di Dekati Kucing Berarti ada 3 Pertanda dari Allah. Kamu Mau Tahu?

More From: Sehat