5 Alasan Aneh ini Bisa Bikin Kamu Jadi Susah Buang Air Besar


5-alasan-aneh-kenapa-kamu-sulit-buang-air-besar

Palingseru.com – Selain makan kita juga harus  melakukan buang air besar sebagai aktivitas pembuangan zat-zat sisa yang tak berguna didalam tubuh.

Buang air besar sebenarnya harus dilakukan setiap pagi hari pada saat kamu bangun tidur. Namun, tidak semua orang melakukan aktivitas buang air besar ini  setiap pagi ataupun setiap hari.

Ada beberapa orang yang mengalami kesulitan buang air besar sehingga beberapa hari barulah bisa buang air besar. Hal itu sangat tidak baik untuk kesehatan pencernaan kamu loh. Oleh sebab itu, kamu harus tahu nin ada beberapa alasan kenapa kamu sulit buang air besar.

Lalu, apa saja alasannya ? Mari simak ulasannya berikut ini, seperti dilansir Merdeka.com.

1. Jadwal yang sibuk dan padat

Jadwal yang sibuk bisa membuat BAB kamu menjadi tidak lancar. Ini karena saat kamu sedang sibuk-sibuknya, pasti kamu akan menahan rasa ingin buang air besar, sehingga saat kamu sudah tidak sibuk dan ingin buang air besar, malah BAB kamu jadi tidak lancar.

2. Konsumsi makanan tinggi zat besi dan kalsium

Makanan yang mengadnung kalsium dan zat besi yang tinggi bisa membuat BAB menjadi tidak lancar dan sulit keluar. Oleh sebab itulah ibu hamil keseringan mengalami kesulitan BAB, karena mereka disarankan untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi dan kalsium untuk kesehatan janin mereka.

3. Diet rendah serat

Diet rendah serat juga dapat membuat BAB kamu menjadi tidak lancar. Ini karena serat merupakan salah satu nutrisi yang paling baik untuk memperlancar BAB sehingga, orang yang sedikit makan serat akan kesulitan untuk BAB.

4. Faktor psikologis

Stres dan tertekan bisa membuat BAB kamu menjadi tidak lancar. Ini karena tidak hanya aktivitas fisik yang bisa mempersulit BAB tetapi juga dari daktor psikologis yang bisa berpengaruh pada BAB.

5. Konsumsi anti depresan

Obat anti depresan adalah salah satu obat yang memiliki sifat antikolinergik yang memblokir acetylcholine yang diperlukan untuk kontraksi usus. Inilah yang menyebabkan, kamu kesulitan untuk BAB.

Jadi, untuk memperlancar BAB, usahakan di pagi hari selalu melakukan buang air besar. Lalu, jangan terlalu stres dan mengonsumsi makanan yang kaya akan serat.

 

More From: Sehat