Penting 7 Tanda Kanker Serviks Ini Perlu Wanita Amati, Jika Menemukan Salah Satunya Segera Ke Dokter


kanker-serviks

palingseru.com – Human papillomavirus (HPV) merupakan penyebab paling umum dari penyakit serviks. Tak hanya itu beberapa gejala lain juga dapat menyebabkan terjadinya kanker serviks, seperti merokok atau menjadi perokok pasif, sering gonta-ganti pasangan, berhubungan intim tanpa perlindungan, dan sistem kekebalan tubuh yang melemah.

Bagi wanita, kanker serviks merupakan masalah yang sangat serius. Namun untuk mengetahui pertumbuhan serviks dapat diprediksi dan disembuhkan jika diketahui sejak dini. Adapun tanda dari kanker serviks yang patut kamu amati.

1.Keluarnya kotoran yang tidak biasa

Setelah kanker mulai tumbuh dalam serviks, sel-sel pembagi rahim akan bebas dan menyebabkan sekresi berair atau keluarnya kotoran yang tidak biasa kamu lihat.

2.Kutil

Seorang ginekolog bernama Rosa Maria Leme mengatakan jika ada tumbuh kutil (eksternel atau internal) berarti menunjukkan adanya beberapa penyakit, termasuk kanker serviks.

3.Nyeri atau peradarahan

Tanda kanker serviks berikutnya adalah terjadinya perdarahan atau nyeri. Pertumbuhan kanker serviks yang terjadi pada leher Rahim dapat membuatnya menjadi kering sehingga menyebabkan terjadinya perdarahan serta nyeri. Rektum atau kandung kemih juga bisa mengalami perdarahan. Apabila kamu mengalami perdarahan di luar periode menstruasi, maka kamu harus segara memeriksakan diri ke dokter.

4.Anemia

Jika wajah kamu selalu terlihat pucat, kondisi ini adalah hasil dari perdarahan abnormal yang dapat menyebabkan kanker serviks.

5.Masalah kemih

Kandung kemih dan ginjal akan mengalami masalah seperti tertekan yang dapat mengganggu masuknya urine. Hal ini disebabkan serviks telah berkembang menjadi lebih besar. Dan hal ini tentu saja dapat menimbulkan rasa sakit ketika buang air kecil.

6.Nyeri terus-menerus pada kaki, pinggul atau punggung

Ketika serviks membengkak, hal ini akan mengganggu organ lain di sekitarnya. Salah satunya adalah vena, yang bisa menyebabkan darah sulit mengalir ke pinggul dan kaki, sehingga terjadinya pembengkakan dan rasa sakit pada pinggul maupun kaki.

7.Berat badan

Hampir semua jenis kanker dapat menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan leher rahim membengkak dan menekan perut sehingga penderitanya akan kehilangan nafsu makan.

More From: Sehat