Ini Alasan Kenapa Kita Terasa Panas Ketika Hujan Akan Turun


mengapa-sebelum-hujan-kita-merasa-gerah

palingseru.com – Mengapa kita terasa panas ketika hujan akan turun?

Ini Alasannya

Sebelum hujan, cuaca tentu akan berubah menjadi mendung. Sementara mendung atau awan berasal dari kumpulan uap air hasil pemanasan sinar matahari pada laut, sungai, danau, dan tempat berkumpul air lainnya.

Saat udara panas atau mendung tersebut semakin naik ke atas, maka awan akan bertemu dengan udara dingin. Ketika bersatu dengan udara dingin, mendung otomatis akan melepaskan panasnya. Dan panas itulah yang akan dirasakan sebelum terjadinya hujan.

Saat semua panas sudah terlepas, secara perlahan cuaca akan berubah menjadi dingin dan saat itu juga hujan akan turun.

Hujan pada dasarnya adalah uap air yang mengembun.

Selain pelepasan dari mendung, panas sebelum hujan juga disebabkan oleh tingkat kelembapan yang tinggi. Hal ini dikarenakan uap air akan memenuhi udara di sekitar sebelum terjadinya hujan.

Ketika udara sudah sangat penuh dengan uap air, maka tidak ada lagi ruang bagi keringat ( yang sudah keluar karena panas dari mendung) untuk menguap. Hal ini mirip seperti saat kamu memasukkan uang ke dalam tabungan dan akhirnya terkeluar lagi karena sudah kepenuhan.

Karena keringat tidak bisa menguap, maka suhu tubuh menjadi terasa panas. Namun, penguapan keringat sendiri juga dapat mendinginkan tubuh secara perlahannya.

More From: Taukah Kamu