Aneh, Batu ini Jika Dibakar Bisa Memancarkan Sinyal Wi-Fi


086828100_1455423720-keepalive-aram-bartholl-76

Palingseru.com – Di hutan Springhornhof ada sebuah museum seni ukir , Neuenkirchen, Jerman, yang ditengahnya terdapat bongkahan batu yang mencolok. Batu tersebut sangat aneh karena di bagian bawahnya terjelaga seperti habis di bakar.

Ternyata bongkahan batu aneh ini merupakan karya seni yang disebut “Keeplive” dan dibuat oleh seniman Aram Bartholl. Batu ini sangat unik karena dapat memancarkan Wi-Fi ke smartphone kamu. Kok bisa ?

011542300_1455423686-keepalive-aram-bartholl-46

Yapz, Wi-Fi yang dipancarkan itu ditenagai oleh generator thermoelectric, atau pengubahan panas menjadi tenaga listrik. Pengunjung bisa membuat api di dekat bongkahan batu untuk menyalakan router di batu.

Setelah itu barulah batu akan memancarkan Wi-Fi dan pengunjung bisa menyambungkan ke smartphone mereka masing-masing. Mereka bebas mendownload, atau pun browsing.

Laman yang ditawarkan antara lain berjudul, “Panduan Kencan A sampai Z”, “Dasar-dasar Anak Cowok 101: Strategi Bertahan Hidup Menjadi Orangtua Cowok Remaja”, “Panduan Bercerai Mandiri”, “Bertahan Hidup di Tengah Drone”, dan “Panduan Steampunk dalam Bercinta”. Judul-judul ‘nyeleneh’ ini akan sering Anda temukan di ebook ilegal yang tersedia di situs berbagi di internet, seperti dilansir Liputan6.com.

057707100_1455423640-keepalive-aram-bartholl-16

Seniman asal Berlin ini juga pernah menciptakan proyek berbagi data pada tahun 2010 lalu.  Proyek berbagi data itu disebut dengan ‘Dead Drops’. Proyek itu menggunakan USB yang dipasang di tembok di tempat umum, yang membolehkan orang-orang meng-upload dan men-download berkas yang mereka inginkan. USB itu masih terpasang di bagian samping sebuah bangunan di New York hingga saat ini.


Like it? Share with your friends!