5 Kisah Orang Yang Terdampar di Pulau Terpencil, Cara Mereka Bertahan Hidup Sunguh Mencengangkan


55

[ads1]Palingseru.com – Sejumlah orang di dunia ini menginginkan sebuah pengalaman menantang dengan mencoba hidup terdampar di pulau terpencil tanpa adanya kehidupan. Bahkan mulai dari yang bisa menjadi seorang kanibal hingga meninggal di pulau tersebut pun menjadi kisah orang yang hidup di pulau terpencil tersebut.

Dan kali ini ada sejumlah kisah orang yang hidup terdampar di pulau terpencil dengan punya banyak cara untuk bisa bertahan hidup. Dan seperti yang dilansir dari Merdeka.com, inilah dia kisah – kisahnya :

1. Iseng Mancing Hiu, Pria Ini Malah terdampar di Pulau Selama 13 Bulan

11

Seorang pria bernama Jose Salvador Alvarenga ditemukan di sebuah atoll di Kepulauan Marshall setelah perahu kecilnya terdampar 13 bulan pada awal tahun 2014 silam. Perjalananan yang ditempuh sejauh 6000 mil itu menjadi bencana bagi dirinya. Awalnya perjalanan yang dilakukan dengan segerombol pemuda yang hendak memancing hiu itu tiba – tiba saja mesin kapalnya rusak. Mereka berusaha untuk mencari jalan keluar agar bisa pulang , akan tetapi belum ada bantuan yang bisa menyelamatkan mereka. Bahkan mereka harus bertahan hidup dengan menjadi seorang kanibal yakni dengan meminum darah kura – kura dan makan ikan hiu hidup – hidup.

2. Perempuan Ini Dua Tahun Tinggal Sendiri di Pulau Artik

22

Seorang wanita bernama Blackjack dari suku Inupiat Inuit ini mengaku telah tinggal sendirian selama dua tahun disebuah pulau terpencil tak berpenghuni bernama Wrangel di utara Siberia, Rusia. Awal mula kisah dirinya bisa terdampar di pulau Artik ini saat 16 September 1921 Blackjack menjadi salah satu dari lima orang yang ditinggalkan dalam sebuah ekspedisi dipimpin penjelajah bernama Vilhjalmur Stefansson mengarungi Laut beku Chukchi menuju Pulau Wrangel.

Malangnya , pada saat itu tiga orang kemudian meninggalkan dia dan seorang kru untuk mencari pertolongan dan makanan. Blackjack kemudian diajarkan berburu oleh salah satu kru tadi untuk bertahan hidup hingga pada akhirnya dirinya berhasil diselamatkan oleh seorang rekan Stefansson pada Agustus 1923.

3. Pria Ini Sanggup Bertahan 16 Tahun Hidup Sendiri di Pulau Samudra Pasifik

33

Seorang pria bernama Tom Neale asal Selandia Baru ini mengaku pernah tinggal di Pulau Suwarrow di Kepulauan Cook di tengah Samudera Pasifik selama total 16 tahun. Tom mengaku jika saat itu dirinya berhasil  tinggal selama tiga periode antara 1952 hingga 1977. Dan menurut pengakuan Tom jika tinggal di pulau terkecil ini sudah menjadi impiannya. Dan pada akhirnya dia bisa tinggal di pulau Samudra Pasifik setelah bertugas sebagai tentara Angkatan Laut Kerajaan Selandia Baru.

Dan pada Oktober 1952 Neale akhirnya berangkat dengan membawa bekal seperlunya dan dua ekor kucing ke pulau itu. Di sana dia tinggal di sebuah bangunan bekas militer pada Perang Dunia Kedua. Untuk bisa bertahan hidup , Tom selalu makan ikan, kepiting, kerang, kelapa, pisang dan sayuran liar. Kebiasaannya ini membuat dirinya menderita penyakit kanker dan pada akhirnya meninggal dunia.

4. Gadis ini Hidup Sendiri di Pulau Kosong Indonesia selama 19 hari

44

Seorang gadis asal Jepang ini mengaku pernah terdampar di pulau kecil Indonesia dan bertahan hidup hanya dengan menggunakan kaca pembesar sebagai sumber api untuk memasak.

Gadis yang sering disapa dengan nama Reikko Hori (22) itu memutuskan untuk menguji dirinya hidup tanpa bekal apa pun di Pulau Amparo, sekitar 6.760 kilometer sebelah barat laut Australia.

Selama itu , Hori mengaku jika dirinya tidak membawa peralatan lengkap melainkan hanya membawa alat bertahan hidup di alam liar seperti tenda, golok, korek api, dan alat penerang.

Dan dengan bantuan cahaya matahari yang membias melalui bantuan kaca pembesar yang dibawanya itulah yang dijadikan sebagai sumber api Hori untuk memasak.

Selama hidup menyendiri di pulau terkecil itu, Hori mengaku jika keberadaannya disana tidaklah gratis. Sebelum sampai di tempat itu harus membayar sejumlah ongkos untuk bisa hidup bagai tokoh Tom Hanks dalam film Cast Away. Docastaway adalah sebuah biro perjalanan yang bertanggung jawab atas ekspedisi Hori ini.

“Pada awal kedatangannya, Hori tidak mempersiapkan apa pun untuk ekspedisinya, lebih parahnya lagi dia tidak memiliki bekal ilmu untuk bertahan hidup di alam liar,” kata Alvaro Cerezo kepala biro perjalanan, seperti yang dilansir dari Merdeka.com (17/2).

Hori yang memang berniat untuk menantang hidupnya selama 19 hari di pulau terpencil tanpa kehidupan manusia itu pun terus bersemangat untuk melanjutkan niatnya berpetualang .

Hori juga sempat berbagi cerita jika selama itu dirinya hanya tidur beralaskan pasir, meski badai datang dia akan coba bertahan dengan bantuan seadanya.

Untuk pasokan air minumnya , Hori mengaku selalu mengambil air kelapa dari buah yang ada di sekitaran pantai, dan mengisi perut dengan menombak ikan di sekitaran pantai dengan ranting tajam.

“Saya biasanya lebih suka menyendiri. Tapi setelah 19 hari di pulau terpencil ini, saya menyadari saya butuh orang lain. Saya bisa merasa bahagia jika ada orang di sekeliling saya. Sekarang saya ingin hidup bermanfaat bagi orang lain,” kata Hori, seperti yang dilansir dari Merdeka.com (17/2).

Menariknya Hori berhasil melewatkan tantangan itu dan pulang ke tempat tinggal asalnya dengan selamat dengan keadaan tubuh baik – baik saja.

5. Demi Pengalaman Mantan Tentara Inggris Terdampar 60 Hari di Pulau Kosong

55

Mantan tentara Inggris bernama Ed Stafford ini mengaku pernah menghabiskan 60 di pulau kosong tak berpenghuni  di Pasifik Selatan hanya untuk mencari sebuah pengalaman. Ed Stafford pada saat itu hanya berbekal sebuah alat perekam yang berfungsi sebagai alat dokumentasi. Ed yang baru saja menginjakan kakinya di pulau itu pun langsung mencoba mengamati apa saja yang ada di sekitar, kemudian mencoba beberapa teknik berburu.

Pada saat itu, Ed Stafford mencoba menggunakan gua untuk tempat berlindung dari panas dan hujan. Pengalamannya terdampar di pulau kosong itu menjadikan pengalaman yang begitu berharga mulai dari dirinya bisa menemukan sumber api sampai sanggup menundukkan buruan seekor kambing hutan.

Nah, itulah dia kelima kisah orang yang terdampar di pulau terpencil dan kisah mereka bertahan hidup.

More From: Menarik