5 Kekuatan Besar Milik China di Laut China Selatan ini Bikin Amerika Segan


33

Palingseru.com – Sejak 14 Februari yang lalu militer RRC dikabarkan telah mengirimkan beberapa set peluru kendali jarak menengah dan sistem radar ke Pulau Woody, salah satu lahan reklamasi yang dibuat China. Sementara Amerika Serikat dikabarkan sedang berusaha merebut simpati sekutunya di Asia hingga membuat Beijing marah karena Amerika telah menuding China memiliterisasi kawasan.

“Tindakan militerisasi ini merisaukan semua pihak,” kata Menteri Luar Negeri AS, John Kerry.

Akibat adanya pernyataan seperti itu, amarah China pun semakin meledak – ledak seakan ingin membalas dendam dengan membeberkan isu politik di Laut China Selatan.  Menteri Luar Negeri China, Hong Lei, menuding AS rajin memprovokasi negara-negara Asia agar memusuhi pihaknya.

Sementara Presiden Barack Obama pekan lalu dalam KTT ASEAN-AS, secara terbuka mengajak negara-negara sekutunya menolak didekte oleh Tiongkok untuk isu batas wilayah di Laut China Selatan.

Dengan suasana yang semakin memanas itu, China dikabaekan telah mempamerkan sejumlah kekuatan besar milik China di laut China Selatan. Dan kabarnya kekuatan besar tersebut membuat Amerika menjadi segan untuk berkonflik dengan China.

Seperti yang dilansir dari Merdeka.com, inilah dia 5 kekuatan besar milik China yang bikin AS segan.

1. Kapal Induk Liaoning

11

Salah satu kekuatan besar yang dimiliki oleh China di laut China Selatan yakni kapal induk Liaoning. Kapal Induk ini dikembangkan atas kerja sama China-Rusia yang pernah dirombak ulang menjadi kapal tempur.

Kapal induk Liaoning ini dibangun sejak era Uni Soviet dan mampu mengangkut 30-40 jet tempur dan mulai berdinas di AL China empat tahun lalu.

Kekuatan besar yang dimiliki kapal Liaoning ini dibekali dengan mesin berkekuatan 20 ribu tenaga kuda. Kapal Liaoning ini mampu bergerak dengan kecepatan 32 knot atau 59 km per jam dan menempuh perjalanan sejauh 3.850 nautical miles atau 7.130 km.

Hebatnya ;agi , kapal Liaoning ini mampu mengangkut sejumlah pesawat terbang seperti 24 unit pesawat tempur Shenyang J-15, 6 unit helikopter Changhe Z-18, 4 unit helikopter Ka-31, dan 2 unit helikopter Harbin Z-9.

2. Rudal Dong Feng

22

Salah satu kekuatan besar yang dimiliki oleh China di Laut China Selatan yakni Rudal Dong Feng yang merupakan senjata andalan Beijing.

Rudal Dong-Feng 26 memilliki daya jelajah antar benua. Rudal ini dapat melaju hingga kecepatan Mach 10 alias 12 ribu kilometer per jam, ditopang daya jelajah 4.000 km. Selain itu , Rudal Dong-Feng juga dipercaya bisa langsung menyasar Pangkalan militer AS di Guam, Samudera Pasifik dalam hitungan menit itulah kenapa jika China sangat merasa aman dengan adanya Rudal Dong Feng ini.

3. Kapal Amfibi 071

33

Salah satu kekauatan besar milik China di laut China Selatan yakni kapal Amfibi . Kapal ini merupakan kapal andalan Tiongkok yang disiagakan di kepulauan hasil reklamasi, termasuk di Spratly yang jadi bahan sengketa banyak negara.

Kapal Amfibi 071 ini dipercaya punya kecepatan manuver tinggi bahkan dipercaya mampu mengangkut satu batalyon pasukan infanteri, 18 kendaraan lapis baja dan dilengkapi dengan ajungan pendaratan untuk helikopter atau juga hoovercraft.

4. Jet Tempur Chengdu J-20

44

Jet tempur seri Chengdu J-20 juga merupakan salah satu jet tempur andalan China yang dirancang berdasarkan data – data F-22 . Jet tempur Chengdu J-20 ini memiliki kemampuan siluman, pengunci sasaran berdasar hawa panas, dan akan disiagakan dekat Laut China Selatan.

5. Rudal Anti Satelit

55

Kekuatan terbesar China di laut China Selatan yakni dengan adanya sebuah rudal anti satelit yang dipastikan rudal tersebut memiliki kecepatan hipersonik yang bisa menghancurkan satelit AS di orbit bumi.

Rudal ini diberi nama kode DF-ZF yang diangkut menggunakan pesawat tanpa awak WU-14. Dikabarkan jika beberapa pekan ini China nekat menghancurkan benda-benda langit yang mencurigakan yang di duga itu sebuah bukti kerja dari rudal anti satelit.

Nah, itulah dia kelima kekuatan China di laut cina selatan yang bikin Amerika Serikat segan.

 

More From: Menarik