Ini Dia Fakta Fakta Mengerikan Polusi Kantong Plastik yang Perlu Kamu Ketahui


057476300_1456218930-kantong_plastik

palingseru.com – Bagi kebanyakan orang, kantong plastik adalah bagian dari kehidupan sehari-hari. Namun mereka tidak mengetahui efek samping yang disebabkan oleh kantong plastik.

Adapun fakta-fakta polusi terkait penggunaan kantong plastik secara terus-menerus, seperti yang dikutip Liputan6.com, Selasa (23/2/2016):

*Statistik Penggunaan

Menurut Californians Againts Waste, penduduk Kalifornia sendiri sudah menggunakan 19 miliar kantong plastik setiap tahunnya. Hal ini tentu saja menghabiskan biaya sekitar 25 juta dollar per tahunnya, untuk memastikan apakah sampah tersebut sampai ke tempat pembuangan utama.

Sementara itu, data dari Kementrian Lingkungan Hidup mengatakan dalam setiap menit, Indonesia menggunakan lebih dari satu juta kantong plastik. Setiap tahun produksi kantong plastik menghabiskan 12 juta barel minyak dan 14 juta pohon. Rata-rata orang Indonesia menggunakan 700 kantong plastik pertahunnya. Jika kantong plastik dibuang begitu saja setiap harinya, maka jumlahnya dipercaya dapat menutupi kota Bandung.

*Sampah Lautan

Perlu diketahui, polusi kantong plastik adalah masalah besar di dunia. Berdasarkan data yang dipublikasikan oleh United Nations Environment Programme pada tahun 2009, mulai dari lautan dalam di Mediterania hingga ke pantai Laut Merah di Yaman, sampah yang paling banyak ditemukan adalah kantong plastik.

Hal ini tentu saja menghancurkan keindahan tepi pantai dan jalur air. Tak hanya itu, dampak dari polusi kantong plastik juga dapat menghancurkan kehidupan alam. Californian Against Waste memperkirakan, sampah lautan mampu membunuh lebih dari 100 ribu penyu laut dan mamalia setiap tahunnya.

*Sampah Daratan

Selain di lautan, polusi kantong plastik juga dapat menyebabkan masalah di daratan. Jika sampah kantong plastik ini betebaran di atas tanah, maka sangat sulit untuk mengatasinya. Sementara kantong plastik sendiri tidak bisa terurai. Kalaupun bisa, harus memerlukan paparan sinar matahari langsung terlebih dahulu, barulah ke campuran oksigen dan air di tanah, yang sebenarnya jarang ditemui di daratan.

*Efeknya Bagi Lingkungan

Menurut The New York Times, 100 juta kantong plastik yang digunakan di Amerika membutuhkan kira-kira 12 juta barel minyak bumi untuk diproduksi. Apabila angka ini terus meningkat, maka akan kemungkinan besar jumlah minyak bumi akan berkurang.

*Solusi yang Memungkinkan

Menurut Worldwatch International, beberapa negara seperti Denmark, India, Jerman, Italia, Irlandia, dan Inggris, mulai menerapkan peraturan terkait penggunaan kantong plastik. Di mana, negara ini memberi pajak pada kantong plastik dan diwajibkan menggunakan tas kanvas atau katun, yang bisa digunakan ulang menyingkirkan kebutuhan untuk menggunakan kantong plastik sama sekali.


Like it? Share with your friends!