4 Pemimpin Dunia ini Malah Hambur Hamburkan Uang Padahal Rakyatnya Banyak yang Kelaparan


11

Palingseru.com – Seorang pemimpin di dunia sejatinya punya tanggung jawab untuk bisa membuat negaranya makmur dan sejahtera. Namun ada sejumlah pemimpin di dunia ini yang tidak perduli dengan rakyatnya. Bahkan ketika rakyatnya sedang menderita , para pemimpin dunia ini malah asik berfoya – foya menghamburkan kekayaannya.

Kasus seperti ini dilaporkan dari sebuah laporan terbaru dari Boston Consulting Group (BCG) yang mengungkap bahwa orang kaya dunia pada 2019 mendatang akan terus bertambah. Orang kaya tersebut berasal dari para pemimpin di dunia.

Dan seperti yang dilansir dari Merdeka.com , inilah dia para pemimpin dunia yang malah hambur – hamburkan uang padahal rakyatnya banyak kelaparan.

1. Ketika Korea Utara Kelaparan, Kim Jong-UN Makin Gemuk

11

Salah satu pemimpin dunia yang sangat tidak perduli dengan rakyatnya yakni Pemimpin Korea Utara bernama Kim Jong Un. Di pertengahan  tahun 1990-an, rakyat Korea Utara sangat kelaparan hingga sepuluh persen populasi tewas. Dilaporkan jika pada saat itu anak-anak kekurangan gizi dan tidur di beratap langit.

Dengan kondisi mengenaskan itu mereka benar – benar tidak ada yang memperdulikan. Bahkan para pejabat dan keluarganya, termasuk keluarga pemimpin Korut Kim Jong-un, tetap bisa menikmati gaya hidup mewah.

Dan parahnya lagi jika pada saat itu Kim telah menghabiskan dana sebesar USD 645 juta untuk barang mewah semacam produk aksesoris seperti kosmetik, tas tangan, bahan kulit, jam tangan, elektronikm mobil, dan minuman alkohol paling mahal. Selain itu, Kim menggelontorkan dana USD 1,3 juta untuk pengembangan program rudal balistik.

Kemakmuran hidup Kim itu membuat dirinya bertambah gemuk hingga dikabarkan telah mengalami obesitas atau lantaran suka makan keju. Kim juga dikabarkan telah mengimpor keju sangat besar untuk memenuhi kegemarannya.
Bantuan sebesar USD 150 juta pada akhirnya dikeluarkan untuk negara-negara donor sebagai bantuan kemanusiaan bagi Korea Utara di tahun 2013.

2. Rakyat Kelaparan Karena Perang , Istri Presiden Suriah Belanja Barang Mewah

22

Istri Presiden Basyar al-Assad, Asma al-Assad dikabarkan telah menghabiskan uang miliaran rupiah hanya untuk  berbelanja barang mewah. Dan parahnya , Asma Al РAssad itu diketahui menghambur- hamburkan uang ditengah kondisi Suriah yang sedang dilanda perang dan sedang menderita.

Dalam laporannya jika Asma telah membeli sejumlah makanan Barat untuk anaknya. Dia juga pernah membeli sebuah tempat lilin seharga 4,9 miliar dan memajang foto dirinya dengan mengenakan perlengkapan olah raga. Dikabarkan pula jika saat ini Asma tengah berlidung di sebuah tempat mewah yang terlindung dari serangan bom.

Dan karena dianggap telah egois dengan tidak memperdulikan rakyatnya , kehidupan Asma kini terancam dia sedang dalam pengawasan ketat dalam dua tahun terakhir.

Sejarah singkat tentang kehidupan Asma ini mulai dari dirinya menikah dengan Basyar sejak 2000. Dia besar di Ibu Kota London, Inggris, dan belajar ilmu komputer dan sastra Prancis di sebuah Universitas di sana. Asma saat ini sedang bekerja di firma JP Morgan saat bertemu Assad yang waktu itu sedang belajar menjadi dokter bedah mata.

3. Ironi , Presidennya Punya Harta USD 4 Miliar Tapi Rakyatnya Kelaparan

33

Salah satu pemimpin terburuk di dunia yang tidak perduli dengan kehidupan rakyatnya yakni pemimpin Zaire Mobutu Sese Seko yang berkuasa lebih dari 28 tahun ditaksir punya kekayaan USD 4 miliar. Namun kekayaannya itu tak sepadan dengan kemakmuran rakyatnya.

Bahkan dengan kekayaan yang berlimpah itu dikabarkan jika anak-anak Zaire mengalami gizi buruk dan kelaparan terparah.

Sejumlah sukarelawan memperkirakan sedikitnya 10 persen anak-anak di negara Afrika itu akan meninggal karena kelaparan.

“Kami belum pernah melihat banyaknya kasus kelaparan di Afrika Barat sejak perang Biafra di Nigheria pada 1960-an,” ujar Wayne King, kepala Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) yang sudah bertugas di sana selama 20 tahun.

4. Presiden Zimbabwe Pesta Ultah Mewah Rp 10.7 Miliar Saat Rakyatnya Kelaparan

44

Belum lama ini Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe, menggelar pesta ulang tahun ke-92 yang sangat mewah dan meriah dengan menghabiskan anggaran sebesar USD 800 ribu (setara Rp 10,7 miliar). Mugabe mengaku siap memimpin Zimbabwe sepanjang dia mampu sebelum dia melepas 92 balon ke udara, melambangkan usia sang diktator, serta dimeriahkan oleh pembacaan puisi serta pentas nyanyian yang liriknya memuji Mugabe sebagai sosok visioner di Benua Afrika.

Namun dibalik kebahagiaan Mugabe ternyata tak sebanding dengan kondisi rakyat disana yang tengah kelaparan. Lokasi penyelenggaraan pesta ultah ini, Distrik Masvingo, adalah lokasi yang paling parah terlanda kekeringan sepanjang 2015. Hasilnya 75 persen sawah gagal panen. Kawasan Masvingo juga menjadi lokasi dengan jumlah penderita busung lapar terbanyak di Zimbabwe.

Perayaan ultah Mugabe itu pada akhirnya menuai banyak kritikan. Zimbabwe menjadi salah satu negara termiskin di dunia setelah tak berharganya mata uang negara di selatan Afrika . Dilaporkan 35 ribu triliun Dolar Zimbabwe cuma bisa dipakai membeli sepotong roti. Sekarang mata uang di negara itu adalah Dollar Amerika.

Dan selama menjadi pemimpin Zimbabwe, Mugabe dituduh melakukan kecurangan pemilu, pengusiran warga dan melanggar HAM serta bertanggungjawab atas penurunan ekonomi di negaranya.

Nah, itulah dia keempat pemimpin di dunia yang menghambur – hamburkan uang ditengah kondisi rakyat yang kelaparan.

More From: Menarik