Ajaib, Benda Kecil yang ada di dalam Rongga Mulut Kamu ini Ternyata Punya Manfaat Besar Bagi Manusia


Uvula

Palingseru.com – Tahukah kamu jika organ kecil yang terdapat di belakang tenggorokan manusia itu memiliki manfaat yang luarbiasa ?

Organ kecil yang disebut dengan istilah medis Uvula itu merupakan salah satu organ yang berperan penting di sistem organ manusia.

Sejumlah ilmuwan mengaku rela menghabiskan waktu berabad – abad untuk melakukan penelitian terhadap Uvula hanya untuk mengungkap fungsi penting dari organ kecil ini.

Para ilmuwan menyebutkan jika Uvula ini memiliki fungsi untukĀ  membantu aliran makanan dan air, menginduksi refleks ketika muntah, ada pula memberikan tanda-tanda batuk kronis dan lain-lan. Namun tak hanya itu saja, uvula juga berfungsi sebagai aksesori untuk berbicara.

Salah satu ilmuwan bernama SciShow menjelaskan, uvula adalah bagian manusia yang begitu unik. Benda yang berdaging kecil yang menggantung di langit-langit lunak mulut itu memiliki fungsi yang luarbiasa untuk menghentikan makanan naik hidung ketika kamu menelan.

Dengan ukuran yang kecil tersebut , uvula mampu memblokir jalan ke hidung kamu jika ada makanan kecil masuk ke bagian hidung, dia bisa juga membantu menyalurkan ke kerongkongan. Uvula bersama langit-langit lunak di mulut menghasilkan air liur agar saluran tetap licin.

Wah luarbiasa bukan kinerja Uvula ini ?

Dan tak hanya itu saja, kamu juga perlu mengetahui lebih lanjut tentang bagian – bagian dalam Uvula. Bagian dalam uvula ternyata penuh kelenjar yang dapat mengatur intesitas sedikit dan banyaknya cairan ludah yang bakal diproduksi. Air liur pada kelenjar kelenjar itu terhubung ke serat-serat otot yang berjalan melalui uvula dan otot-otot berkontraksi saat kamu berbicara atau menelan sesuatu.

Bentuk uvula yang kecil itu nantinya akan bergerak dengan mengayunkan ke belakang dan ke depan kemudian membantu menyebarkan air liur tambahan menyebar ke seluruh tenggorokan agar kamu mudah mengobrol atau makan.

Lantas ketika banyak orang mengatakan Uvula itu bisa menyebabkan penyakit amandel. Ini sangat salah karena amandel merupakan organ yang berbeda.

Amandel yang berada di samping uvula ini merupakan bagian dari sistem limfatik tubuh yang berfungsi melindungi tubuh dari kuman berbahaya. Sementara tempat organ amandel strategis, tepat di belakang mulut dan hidung, serta membentuk stasiun pertama pertahanan terhadap semua polutan sebelum tertelan dan terhirup.

Dilihat dari fungsinya , Amandel berfungsi untuk menjebak bakteri dan antigen yang memungkinkan tubuh untuk memproduksi antibodi.

Nah, itulah dia fungsi dan manfaat luarbiasa dari Uvula yang dikenal sebagai benda kecil dibelakang kerongkongan.

More From: Sehat