Luar Biasa 4 Pahlawan Indonesia ini dijadikan Nama Jalan di Luar Negri


jalan-soekarno_20160302_131135

Palingseru.com – Untuk mengenang jasa para pahlawan , sejumlah negara memilih untuk menggunakan nama para pahlawan tersebut untuk dijadikan nama jalan. Dan menariknya lagi , sejumlah nama pahlawan dari Indonesia ini tak hanya dijadikan nama jalan di dalam negri saja, ternyata di luar negri juga ada sejumlah jalan yang menggunakan nama pahlawan Indonesia.

Dan seperti yang dilansir dari Tribunnews.com, inilah dia 4 pahlawan Indonesia yang dijadikan nama jalan di luar negri.

1. RA Kartini

Saah satu pahlawan Indonesia yang dijadikan nama jalan di luar negri yakni R A Kartini. Tokoh emansipasi wanita asal Jepara ini namanya digunakan sebagai nama jalan di Belanda mulai dari Utrecht, Venlo, Amsterdam,dan Haarlem yang menggunakan nama Kartini Straat (Jalan Kartini).

Sementara di Amsterdam , nama Jalan Kartini berdekatan dengan jalan bernama pahlawan wanita dunia, seperti Rosa Luxemburg, Nilda Pinto, dan Isabella Richaards.

2. Muhammad Hatta

Tokoh proklamator RI , Muhammad Hatta ini juga salah satu pahlawan nasional Indonesia yang namanya dijadikan sebagai nama jalan di luar negri yaitu jalan di Kota Haarlem, Belanda.

Dalam sejumlah laporan dari pemerintah Belanda kenapa mereka menggunakan nama jalan Muhammad Hatta karena ingin mengabadikan nama Hatta sebagai penghormatan kepada beliau yang pernah belajar di negeri Kincir Angin tersebut.

3. Soekarno

Soekarno merupakan salah satu tokoh pemimpin Indonesia pertama. Nama Soekarno juga dijadikan nama jalan diluar negri seperti di Rabat, Maroko , Mesir yakni Rue Soekarno. Dan menariknya , nama jalan tersebut diresmikan langsung oleh Soekarno pada 2 Mei 1960. Negara mesir menggunakan nama Soekarno sebagai nama jalan dengan alasan jika Soekarno pernah berjasa sebagai pencetus Konferensi Asia Afrika (KAA).

4. Sutan Sjahrir

Pahlawan Indonesia Sutan Sjahrir juga dijadikan sebagai nama jalan di luar negri seperti di kawasan Leiden, Belanda dengan nama Sjahrirstraat . Pemerintah Belanda mengaku menggunakan nama sutan Sjahrir ini karena Sutan Sjahrir pernah belajar di Fakultas Hukum Universitas Amsterdam lalu pindah ke Leiden School Of Indology.

Nah, itulah dia keempat pahlawan Indonesia yang namanya dijadikan sebagai nama jalan.

More From: Menarik