10 Fakta Menarik Seputar Hari Perempuan Internasional


076148700_1457345895-Women-Empowerment

palingseru.com – Hari ini, tepatnya 8 Maret 2016, seluruh dunia merayakan ‘Hari Perempuan Internasional’. Apa yang dimaksud dengan Hari Perempuan Internasional? Hari Perempuan Internasional adalah peringatan keberhasilan kaum perempuan di bidang ekonomi, politik, dan sosial.

Sejak abad ke-20, perayaan ini sudah ada. Pada 8 Maret 1857, kaum perempuan di New York City yang bekerja sebagai buruh tekstil mengadakan protes besar-besaran karena kinerja yang buruk serta bayaran yang terbilang rendah.

Dari situlah perempuan di seluruh dunia terinspirasi dan akhirnya tercipta ‘Hari Perempuan Internasional’.

Namun pernahkah kamu ketahui dibalik hari perayaan tersebut menyimpan sejumlah fakta menarik. Mau tahu apa saja? Simaklah berikut ini. Berikut ini adalah 10 fakta menarik seputar ‘Hari Perempuan Internasional’, dilansir dari Mirror, Selasa (8/3/2016):

1.Setiap’ Hari Perempuan Internasional’, semua perempuan di seluruh dunia merayakan prestasi mereka. Salah satunya adalah kisah hidup mereka yang kini telah banyak menginspirasi perempuan lainnya di seluruh dunia.

2.Di Amerika, ‘Hari Perempuan Internasional’ pertama dirayakan pada 28 Februari 1909 atau setelah deklarasi Partai Sosialis Amerika.

3.Penggagas ide yang mengadakan perayaan ‘Hari Perempuan Internasional’ adalah Clara Zetkin, yang sekaligus menjadi pemimpin bagi kantor perempuan yang bekerja di bawah Partai Sosial Demokrat di Jerman.

4.Pada 19 Maret 1911, ‘Hari Perempuan Internasional’ dirayakan untuk pertama kalinya di Austria, Denmark, Jerman, dan Swiss. Lebih dari satu juta orang datang untuk berunjuk rasa dan mengampanyekan hak-hak perempuan dalam bekerja dan memegang jabatan.

5.Pada tahun lalu, penyanyi populer Taylor Swift memposting perayaan ‘Hari Perempuan Internasional’.

6.Hari Perempuan Internasional akhirnya dijatuhkan pada 8 Maret.

7.PBB mulai mensponsori ‘Hari Perempuan Internasional’ pada 1975.

8.Amerika Serikat menunjuk bulan Maret sebagai ‘Women’s History Month’.

9.Setiap 8 Maret, sebanyak 15 negara termasuk China, Ukraina, dan Vietnam menyatakan libur resmi untuk merayakan ‘Hari Perempuan Internasional’.

10.Untuk memperingati ‘Hari Perempuan Internasional’, “Google Doodle” mengubah logo mereka di situs mesin pencari setiap tahunnya.


Like it? Share with your friends!