5 Alasan Sangat Konyol ini Jadi alasan Penumpang Buka Pintu Darurat Pesawat


penumpang-nekat-buka-pintu-pesawat-dan-lompat-keluar-rev1

Palingseru.com – Setiap penumpang yang hendak melakukan penerbangan harus menaati peraturan yang telah ditetapkan pihak maskapai demi keselamatan bersama. Salah satu hal yang paling dilarang bagi penumpang pesawat yakni tidak diperbolehkan untuk membuka pintu darurat karena bisa membahayakan penumpang dan nyawa taruhannya.

Namun terkadang ada beberapa penumpang yang tidak mau menaati peraturan penerbangan hingga membuat awak pesawat pun panik dengan tingkah penumpang yang bandel itu.

Sejumlah penumpang berani membuka pintu darurat dan alasannya pun sangat konyol. Dan kali ini ada sejumlah kisah para penumpang pesawat yang nekaat membuka pintu darurat pesawat dengan alasan yang sangat konyol.

Seperti yang dilansir dari Merdeka.com, inilah dia diantaranya :

1. Takut Terbang Penumpang Mendadak Lompat Dari Pesawat

Salah satu alasan konyol penumpang pesawat nekat membuka pintu darurat pesawat yakni dilakukan oleh seorang penumpang pria yang tidak disebutkan namanya tiba – tiba nekat membuka pintu darurat pesawat dan gilanya lagi pria itu langsung melompat dari pesawat yang sedang bergerak meluncur menuju landasan .

Peristiwa itu terjadi di bandara di Malaysia dalam pesawat Air Asia dengan nomor penerbangan AK 5187 dengan rute rutin dari Miri ke Kuala Lumpur.

Saat dimintai keterangan , pria itu mengaku jika dirinya takut terbang  sehingga dirinya langsung meninggalkan kursi dan bergerak menuju pintu darurat agar bis akeluar dari dalam pesawat tersebut.

Salah satu saksi bernama Siva Nathiran mengatakan jika peristiwa itu membuat banyak penumpang menjerit.

Pria 24 tahun itu kemudian dibawa ke rumah sakit Miri untuk diperiksa dan beruntungnya dia  tidak mengalami luka meski telah melompat dari pesawat.

“Pintu pesawat secara otomatis terbuka, penumpang lain mulai menjerit. Pesawat itu lalu berhenti,” tutur seorang penumpang, Siva Nathiran.

Gara-gara aksi pria itu perjalanan penumpang lain harus tertunda lebih dari sejam.

2. Kegerahan Penumpang Buka Pintu Pesawat

Seorang pria yang tidak disebutkan namanya ini juga punya alasan konyol ketika dirinya nekat membuka pintu darurat saat dirinya melakukan penerbangan Xiamen Airlines pada akhir pekan lalu, rute Kota Hangzhou ke Chengdu.

Kelakukan pria tersebut pun sangat membahayakan penumpang lain. Dan saat dimintai keterangan , pria tersebut mengaku jika dirinya kegerahan.

Pada saat itu , pramugari akhirnya memindah tempat duduknya ke posisi belakang, jauh dari pintu darurat supaya dia tak lagi bertingkah.Beruntung landasan darurat tidak mengembang dari pintu yang dibuka pria tersebut, sehingga penerbangan Xiamen tidak di tunda lama.

Walaupun banyak penumpang lain yang kesal dengan tingkah pria itu tetapi maskapai tidak mau memperpanjang masalah dan membiarkan penumpang debutan itu meneruskan perjalanan.

3. Penumpang Nekat Buka Pintu Pesawat dan Lompat Keluar

Seorang penumpang bernama Akash Jain juga termasuk penumpang yang melakukan aksi gila saat dirinya berada di Bandara Mumbai, India. Peristiwa itu terjadi pada pesawat Boeing 737 itu membawa 144 penumpang dan lima kru pesawat.

Pria ini dikabarkan nekat membuka pintu darurat sebuah pesawat yang baru saja mendarat lima menit. Jain melompat sekitar pukul 15.05 waktu setempat dan pada pukul 15.16 dia terlihat dari kamera pengawas sedang meninggalkan bandara.

Jain mencoba memberitahu kru pesawat tapi laki-laki itu keburu berjalan menuju terminal. Aksi Jain ini membuat petugas Bandara marah karena tingkahnya sangat membahayakan.

“Jika kejadian itu terjadi tidak lama setelah pesawat mendarat, mengapa petugas keamanan maskapai tidak memberitahu petugas secepatnya?” ujar juru bicara bandara. “Mengapa mereka perlu 35 menit untuk melapor?”

Polisi bandar mengatakan mereka kini tengah menyelidiki kasus ini dan menari tahu di mana alamat pria itu.

4. Ingin Lihat Tuhan , Penumpang Buka Pintu Darurat Pesawat

Seorang penumpang pesawat terbang dari Frankfurt ke Belgrade membuka pintu darurat pesawat dengan alasan ingin melihat Tuhan. Penumpang pria yang tidak disebutkan namanya tiba-tiba saja membuka pintu darurat pesawat Lufthansa .

Pria tersebut pun langsung diamankan kabin pesawat yang pada saat itu dirinya sedang enggedor pintu kokpit dan mengancam akan menurunkan pesawat jika pintu darurat itu tidak dibukakan.

Beruntungnya, keamanan penerbangan tidak membahayakan (para penumpang) dan penerbangan mendarat dengan selamat di Belgrade.

5. Udara Sumpek , Penumpang Buka Pintu Pesawat Saat Lepas Landas

Dan salah satu alasan konyol seorang penumpang yang nekat membuka pintu pesawat  hanya karena udara sumpek. Penumpang pesawat China Southern ini, awalnya duduk di kursi belakang pesawat namun tiba – tiba saja di membuka pintu belakang pesawat karena ingin mencari udara segar.

Peristiwa itu terjadi di Bandar Udara Internasional Chengdu Shuangliu di sebelah barat daya Provinsi Sichuan dengan rute perjalanan menuju Bandara Internasional Urumqi Diwopu.

Dalam laporan juru bicara Bandara Chengdu Shuangliu mengatakan, tempat duduk pria tersebut memang berada tidak jauh dari pintu keamanan. Sementara itu, perbuatan pria tak disebutkan namanya ini membahayakan 130 penumpang lainnya yang ada di pesawat.

Beruntungnya salah seorang pramugari berhasil mengamankan penumpang pria tersebut.

Nah, itulah dia kelima alasan konyol penumpang pesawat yang nekat membuka kabin pesawat.

More From: Menarik