Jika Kamu Mengalami 6 Gejala ini Artinya Sedang Mengalami Penyakit Ginjal Kronis


6-gejala-anda-terkena-penyakit-ginjal-kronis-Hl3BwLoapG
Palingseru.com – Penyakit ginjal kronis merupakan salah satu penyakit yang menakutkan bagi masyarakat. Penyakit ini biasanya akan menyerang orang-orang yang sudah berusia lanjut.
Namun, meskipun begitu kamu juga harus tahu bahwa ada beberapa gejala dari penyakit ginjal kronis yang ternyata sangat sulit sekali untuk dikenali penderitanya. Sehingga hal ini membuat penyakit ini bisa semakin parah.
Untuk itu, kamu wajib tahu ada enam gejala yang akan kamu alami saat kamu terkena penyakit ginjal kronis. Seperti dilansir Okezone.com, berikut ulasannya.
1. Ruam kulit atau gatal

Gejala pertama adalah munculnya ruam kulit atau gatal-gatal pada kulit yang tak kunjung sembuh dibeberapa bagian tubuh. Gejala ini menandakan jika ginjal kamu sudah tidak berfungsi lagi.

2. Rasa logam di mulut

Rasa logam di mulut bisa disebabkan karena pasta gigi yang buruk. Tapi, rasa logam di mulut juga bisa menjadi gejala awal dari penyakit ginjal kronis. Rasa logam ini ditimbulkan dari penumpukan limbah darah yang disebut dengan uremia.

3. Mual dan muntah

Mual dan muntah bisa menandakan berbagai macam penyakit. Terutama penyakit ginjal kronis yang bisa ditandakan dengan mual dan muntah. Hal ini terjadi disebabkan penumpukan limbah dalam darah yang membuat makanan menjadi busuk.

4. Pola buang air kecil berubah

Pola buang air kecil yang berubah bisa juga menjadi tanda dari penyakit ginjal kronis. Pola buang air kecil bisa berubah menjadi lebih jarang atau lebih sering. Tapi kamu bisa periksa apakah urin yang keluar itu berbusa atau bergelembung, jika memang ia itu menandakan kamu terkena penyakit ginjal kronis.

5. Pembengkakan pada setiap bagian tubuh

Pembengkakan pada setiap bagian tubuh juga menjadi awal dari gangguan ginjal. Ini karena ginjal mulai tidak berfungsi sehingga tidak dapat menyaring kelebihan air dan limbah dari darah.

6. Kelelahan dan sesak nafas

Saat ginjal sudah berhenti berfungsi, maka ginjal mengurangi penyaringan limbah dan air dari tubuh, sehingga kemungkinan air terakumulasi di paru-paru. Lalu, sel darah merah pembawa oksigen akan kekurangan oksigen.  Hal ini bisa membuat tubuh mendapatkan oksigen yang lebih rendah sehingga bisa membuat kamu mudah merasa lelah dan sesak napas.

Itulah dia ke enam gejala dari penyakit ginjal kronis yang perlu kamu ketahui.

 


Like it? Share with your friends!