6 Penyakit ini Akan Timbul Ketika Kamu Kekurangan Vitamin C


369911_ilustrasi-buah-kaya-vitamin-c_663_382

Palingseru.com – Vitamin C itu penting lho untuk tubuh, karena vitamin C dibutuhkan oleh tubuh untuk pertumbuhan sel yang baik, fungsi sirkulasi darah yang sehat, perbaikan jaringan tisu, penyembuhan luka, produksi kolagen dan menyehatkan tubuh secara keseluruhan.

Oleh sebab itu, mengonsumsi vitamin C sehari-hari sudah seperti keharusan untuk dilakukan, agar tubuh tidak kekurangan vitamin C.

Lalu, apa yang terjadi jika tubuh kekurangan vitamin C ?

Kekurangan vitamin C ternyata dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang ringan seperti kelelahan, pembengkakan gusi, nyeri sendi, penyembuhan luka yang lamban, gusi berdarah, dan perubahan tekstur rambut.

Yang lebih parahnya, kekurangan vitamin C juga dapat menyebabkan beberapa penyakit berbahaya. Seperti ke enam penyakit ini yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C. Apa saja ?

Mari kita simak ulasannya dibawah ini, seperti dilansir Viva.co.id.

1. Asma
Asma adalah masalah kesehatan yang berhubungan dengan gangguan pernapasan. Orang yang terkena asma bisa diakibatkan karena kekuranga vitamin C pada tubuhnya. Untuk itu, sebaiknya kamu harus rajin mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C.
2. Sistem kekebalan tubuh yang lemah
Kekurangan vitamin C bisa menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi melemah. Ini karena vitamin C dapat menguatkan fungsi sel-sel didalam sistem kekebalan tubuh seperti neutrofil, limfosit dan fagosit, yang dapat menangkal serangan dari virus dan bakteri.
3. Penyakit kardiovaskular
Kekurangan vitamin C juga dapat menyebabkan kamu berisiko terkena penyakit kardiovaskular, seperti pembuluh darah yang bocor, pembuluh darah yang lemas serta menurunkan fungsi jantung.
4. Anemia
Penyakit anemia  bisa disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin C. Ini karena vitamin C sangat penting untuk penyerapan zat besi yang dibutuhkan hemoglobin dan produksi sel darah merah. Kekurangan vitamin C bisa menurunkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi.
5. Sariawan
Sariawan adalah masalah mulut yang disebabkan karena kurangnya asupan vitamin C pada tubuh. Mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C seperti stowberry, tomat, jeruk dan sayuran hijau bisa membantu menyembuhkan sariawan kamu.
6. Kanker
Kanker adalah penyakit yang bisa menyebabkan kematian. Penyakit ini bisa disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin C. Ini karena vitamin C merupakan antioksidan yang dapat menghancurkan radikal bebas yang membahayakan sel-sel di tubuh yang dapat memicu kanker. Vitamin C ini juga sangat efektif loh untuk menangani kanker kulit, serviks, dan payudara.
Nah, itulah dia ke enam penyakit yang disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin C.

Like it? Share with your friends!