Hina Lambang Negara Indonesia, Zaskia Gotik Terancam Hukuman 5 Tahun Penjara


sebut-pancasila-bebek-nungging-zaskia-gotik-bisa-dipidana-5-tahun

Palingseru.com – Pedangdut Zaskia Gotik baru – baru ini menjadi perbincangan hangat di media berita lantaran komentarnya dianggap telah menghina negara Indonesia . Zaskia yang dianggap telah melecehkan dan menjatuhkan kehormatan negara itu bermula ketika dirinya sedang mengisi sebuah acara di stasiun televisi dalam segmen bertajuk ‘Cerdas Cermat’.

Acara yang dipandu oleh Deny Cagur selaku pembawa acara itu ternyata membuat Zaskia mendapatkan banyak kecaman dari natizen.

Pasalnya ketika Deny menanyakan apa lambang sila kelima dari pancasila , Zaskia menjawab lambangnya adalah ‘Bebek Nungging’. Jawaban Zaskia yang diucapkan dengan enteng ini pun dinilai telah melecehkan lambang negara.

Jawaban yang penuh kontroversi ini pun berujung panjang hingga kabarnya Zaskia terancam hukuman 5 tahun penjara.

Dalam UUD 1945 sudah mengatur berbagai hal yang menyangkut tentang bendera, bahasa, dan lambang negara, serta lagu kebangsaan, yaitu dalam Pasal 35, Pasal 36 , Pasal 36A , Pasal 36B dan untuk implementasinya ke dalam UU diperintahkan melalui Pasal 36 C.

Sementara dalam Pasal 57 b atau c atau d jo Pasal 69, Setiap orang dilarang: (a) mencoret, menulisi, menggambari, atau membuat rusak Lambang Negara dengan maksud menodai, menghina, atau merendahkan kehormatan Lambang Negara dipidana dengan dengan pidana penjara paling lama 5 tahun atau denda paling banyak Rp. 500.000.000.

Kini nama Zaskia pun semakin viral di media sosial, dia mendapatkan banyak kecaman publik. Sejumlah bullyan pun bermunculan dari natizen yang tidak trima dengan guyonan Zaskia itu.

“Lawakanya ngawur, grupnya enggak ada yang benar, habis menghina orang, eh ternyata lambang negara sendiri juga dihina. Yang gelarnya sih sama saja.”

“Lawakanya enggak bikin ketawa, bikin sakit hati masyarakat Indonesia,” kata ariestmaulana01.

“Mbak tolong kalau becanda hati-hati dan pakai pikiran ya. Para pendiri bangsa merumuskan lambang negara dengan pemikiran dan kerja keras. Para pahlawan bangsa merebut kemerdekaan dengan taruhan nyawa, mbak seenaknya saja kalau bicara. Tolong kalau mau tampil di Tv belajar biar agak pintaran dikit. Kalau enggak bisa mending enggak usah ngomong. Diam lebih baik dan bisanya nyanyi sama goyang ya lakukan itu saja.” seperti yang dilansir dari Merdeka.com (17/3).

 

 


Like it? Share with your friends!