Mulai Maret Pemerintah Akan Berikan Uang Rp 1,2 Juta Untuk Ibu Ibu yang Lagi Hamil


pkh

Palingseru.com- Di Tahun 2016 ini, Presiden  Indonesia Joko Widodo dan wakil Presiden Jusuf Kalla memiliki program baru dimana Presiden akan memiliki kesempatan untuk memberikan bantuan langsung kepada warga untuk menerima bantuan dari pemerintah seperti PKH, penyandang disabilitas, beras sejahtera (rastra), bantuan bagi lanjut usia (lansia), serta KIP.

Menteri Sosial Khofifah Indar Paranwasa mengatakan mulai bulan Maret 2016 ini , bagi para ibu hamil dan mereka yang mempunyai balita akan mendapatkan dana program keluarga harapan (PKH) 2016 sebesar Rp 1,2 juta. Jumlah ini naik ketimbang tahun sebelumnya yang hanya mendapatkan Rp 1 juta.

“Mereka yang hamil serta mempunyai balita dapat Rp 1,2 juta, akan diterima setahun empat kali pencairan,” kata Khofifah di sela wisuda di Universitas Darul Ulum, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Minggu (27/3), seperti yang dilansir dari Merdeka.com (28/3).

Indar Paranwasa juga mengatakan jika penerima bantuan PKH ini tidaklah sembarangan . Untuk penerimaan PKH itu diantaranya ibu yang mempunyai anak usia sekolah dasar (SD) mendapatkan Rp 450 ribu, SMP Rp 750 ribu, SMA dan sederajat mendapat Rp 1 juta.

Sementara itu , Menteri Sosial Khofifah menegaskan, kementerian sosial juga sudah melakukan validasi data penerima dengan jumlah tambahan penerima yaitu dari 2,5 juta orang menjadi 6 juta orang. Dalam laporannya , tambahan tersebut berasal dari data orang dengan kecacatan berat (ODKB) yang berjumlah 163.000 di seluruh Indonesia. Selain itu, juga terdapat penerima dari lansia berusia 70 tahun ke atas, yang berada dalam kondisi ekonomi kurang mampu.

“Sekarang ini yang ‘existing’ (ada) sebanyak 3,5 juta orang, sehingga jika ditambah 2,5 juta, ada 6 juta penerima PKH pada 2016. Insya Allah, Maret mulai cair dananya,” ujarnya.

Dan jika ditotal secara keseluruhan ,  anggaran untuk PKH 2016 adalah Rp 3,15 triliun yang diberikan untuk seluruh penerima PKH di Indonesia.  Dana PKH tersebut dapat diambil di kantor pos terdekat, sesuai dengan waktu pengambilan.

Program PHK pada dasarnya sudah berlangsung sejak tahun 2007 namun waktu itu hanya berlangsung di Jawa Timur tepatnya di 21 kabupaten/kota dengan jumlah rumah tangga sangat miskin sebanyak 212.276 keluarga. Namun pada tahun 2015, PKH di Jatim telah dilaksanakan di 38 kab/kota dengan jumlah keluarga miskin sebanyak 546.468 keluarga. Dan untuk tahun 2016 ini ,  PKH di Jatim sebanyak 2.359 orang, dan dibantu dengan tenaga operator sebanyak 148 orang.


Like it? Share with your friends!

37 shares