Kamu Suka Minum Kopi, Baca Informasi Penting Ini


153628_834973_cangkir_kopi_besar

Palingseru.com – Ada informasi penting nih untuk para pecinta kopi, yaitu bahaya dari kebiasaan meminum kopi setiap hari yang sudah dijadikan sebagai kewajiban bagi para pecinta kopi.

Para pecinta kopi pasti akan merasa ada yang kurang jika di pagi hari tidak minum kopi, iya kan ? Setelah pagi hari, biasanya saat bekerja atau berada di kantor kamu akan minum kopi lagi. Itu sudah pasti. Rata-rata dalam sehari para pecinta kopi bisa mengonsumsi kopi 3 hingga 4 kali.

Nah, kamu tahukan jika kopi itu merupakan sumber utama kafein. Kandungan kafein didalamnya sangat tinggi. Satu cangkir kopi saja mengandung 103 mg kafein. Jika kamu mengonsumsinya 3 sampai 4 kali bisa jadi kamu akan mendapat asupan kafein sehari hingga 300 sampai 400 mg.

Sedangkan menurut Dokter Umum Irma Rismayanty, mengonsumsi 100 mg kafein saja bisa membuat tubuh kamu kehilangan sekitar 6 mg kalsium.

“Jika Anda mengonsumsi 100 mg kafein, maka Anda akan kehilangan sekitar 6 mg kalsium. Jika hal ini tidak diimbangi dengan asupan kalsium yang cukup, maka dalam jangka waktu lama, kafein yang Anda konsumsi akan menyebabkan tulang menjadi keropos,” ujar Irma, seperti dilansir jpnn.com.

Asupan kopi yang tinggi bisa menurunkan kepadatan mineral tulang serta penyerapan usus akan kalsium akan menurun, sehingga bisa menyebabkan penurunan massa tulang sebesar 2-4 persen.

“Pada wanita yang konsumsi kopinya tinggi dan kurang asupan kalsium, risiko patah tulang bisa terjadi. Studi menyatakan bahwa konsumsi kafein lebih dari 300 mg per hari, bisa mempercepat hilangnya kepadatan massa tulang, terutama pada tulang belakang wanita post-menopause,” ungkapnya.

Nah, untuk itu sebaiknya kamu para pecinta kopi harus mengurangi konsumsi kopi dalam sehari. Usahakan dalam sehari tidak lebih dari satu cangkir kopi saja.

Atau kamu juga bisa mengimbangi asupan kopi yang tinggi dengan mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan kalsium dan vitamin.

Baca Juga : Jika Di Dekati Kucing Berarti ada 3 Pertanda dari Allah. Kamu Mau Tahu?

More From: Sehat