Ini 6 Efek Buruk yang akan Terjadi Jika Tangki Kendaraan Kamu Sering Kosong


borosqx7

Palingseru.com – Memiliki kendaraan bermotor pada dasarnya harus bisa memberikan perawatan terbaik . Motor menjadi salah satu kendaraan penting seseorang untuk mendukung aktivitas sehari – hari. Namun kadang pemilik kendaraan punya urusan terbaru yang membuat dirinya tidak bisa menggunakan kendaraan dalam waktu lama misalnya pulang mudik yang harus meninggalkan kendaraan bermotor di rumah dalam beberapa hari kemudian.

Motor yang ditinggalkan di rumah memang di rasa cukup aman dari maling atau orang jahat. Namun bagaimana dengan kondisi mesin motor, terutama tangki motor. Nah, ini salah satu hal yang perlu kamu perhatikan bagi pemilik kendaraan bermotor.

Ketika ingin meninggalkan motor sebaiknya jangan biarkan tangki dalam keadaan kosong atau tidak terisi bahan bakar. Kondisi tangki yang tidak berisi bahan bakar ini bisa menyebabkan efek buruk terhadap kendaraan kamu.

Beberapa efek buruk yang akan terjadi jika tangki kendaraan kamu sering kosong diantaranya seperti yang dilansir dari otosia.com, inilah dia diantaranya :

1. Korosi

Korosi merupakan salah satu efek buruk yang akan terjadi jika tangki motor dibiarkan dalam keadaan kosong. Tangki dalam keadaan kosong bisa memancing oksidasi yang pada akhirnya menyebabkan bercak-bercak kecil keras berupa karat. Dan parahnya lagi , karat akan  menyebar dan membesar hingga menyebabkan tangki kamu jadi bocor.

2. Endapan

Membiarkan tangki motor dalam keadaan kosong juga bisa menyebabkan adanya endapan. Hal ini disebabkan karena  bahan bakar yang tersisa bisa meninggalkan kotoran berupa serbuk kecil yang jika dibiarkan bisa menggunung menjadi endapan . Dan parahnya , efek dari endapan ini bisa membuat saluran bahan bakar terganggu yang membuat motor mudah mogok.

3. Fuel pump

Membiarkan motor dalam keadaan habis bensin ini juga bisa mempengaruhi kondisi fuel pump .Fuel pump adalah perangkat untuk menyalurkan aliran bensin menuju mesin motor. Dan jika fuel pump ini rusak maka kendaraan pun tidak bisa berfungsi dengan baik.

Baca juga : 5 Cara Agar BBM kendaraan Lebih Hemat ini Ternyata Semuanya Tidak Benar

4. Pengapian

Tangki motor dibiarkan kosong ini bisa menyebabkan masalah pengapian.  Fungsi dasar dari sistem pengapian yang ada dalam motor adalah supaya uap BBM yang ada bisa segera dibakar dan kemudian diubah menjadi power yang akan mendorong mesin untuk melaju. Namun jika pengapian ini bermasalah maka motor tidak bisa digunakan dengan baik.

5. Boros

Membiarkan tangki motor kosong ini bisa memicu karat dan pengendapan yang pada akhirnya bisa mempengaruhi kondisi mesin motor. Motor bisa berubah menjadi lebih boros karena kombinasi karat dan endapan bisa membuat bahan bakar yang dikonsumsi motor tidak mampu terolah dengan baik, sehingga banyak dari bahan bakar tersebut tidak dikonsumsi secara optimal.

6. Tekor

Dan efek buruk terakhir jika kamu sering membiarkan tangki motor kosong tanpa diisi bahan bakar bisa menyebabkan kamu lebih tekor. Performa motor yang terganggu dan boros bisa membuat kamu lebih banyak mengeluarkan biaya.

Nah, itulah dia keenam efek buruk jika kamu sering membiarkan tangki motor kosong.

Lihat juga : 5 Motor Sport yang Sangat Populer di Indonesia Tahun 2014


Like it? Share with your friends!